Pengaruh Peer Group Support dan Self-Esteem Terhadap Resilence pada Siswa SMAN Tambun Utara BekasiI

  • Agustina Ekasari
  • Zesi Andriyani

Abstract

Siswa dituntut untuk dapat aktif dan kreatif belajar di sekolah. Tak jarang siswa mendapatkan kesulitan dan permasalahan dalam menjalani proses belajar mengajar di sekolah yang menyebabkan siswa tertekan. agar prestasi yang dimiliki lebih optimal maka diperlukan ketahanan pada diri siswa. Pengaruh teman sebaya dan Self esteem sangat diperlukan untuk membantu ketahanan diri siswa. Pengambilan data dilakukan di sekolah SMAN 1 Tambun Utara Bekasi. Subyeknya adalah siswa siswi kelas X dan XI yaitu 153 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling dan menggunakan skala peer group support, self-esteem, dan resilience yang menggunakan model skala Likert. Perhitungan korelasi Product Moment antara variable peer group support, self-esteem, dan resilience diperoleh koefisien korelasi rxy = 0,454 dan rxy = 0,481. Berdasarkan uji analisis korelasi berganda, didapat F hitung adalah 30.862 dengan tingkat signifikansi 0.000, karena probabilitas (0.000) < ά (0.05), artinya pengaruh peer group support dan self-esteem terhadap resilience bertaraf cukup. Dari hasil pengolahan data, maka koefisien determinasi (R2) pada korelasi peer group support dan self-esteem terhadap resilience, menunjukkan angka sebesar 0.292, berarti peer group support dan self-esteem memiliki sumbangan sebesar 29,2% terhadap tingkat resilience dan pengaruh variabel lain adalah sebesar 70,8%. Pengaruh peer group support, self-esteem terhadap resilience cenderung searah. Sehingga semakin tinggi peer group support dan self-esteem, maka semakin tinggi resilience, begitu juga sebaliknya jika semakin rendah. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh peer group support terhadap resilience; terdapat pengaruh self-esteem terhadap resilience; serta terdapat pengaruh peer group support dan self-esteem terhadap resilience

Published
2013-03-05
Section
Articles