HUBUNGAN ANTARA MINAT BERORGANISASI DENGAN ASERTIFITAS PADA MAHASISWA

Authors

  • Wahyu Setia Ningsih
  • Dedy Kusmayadi

Abstract

Indonesia pada saat ini mengalami masa perubahan dari negara berkembang menjadi negara maju. Dimana pada saat ini Indonesia dihadapkan pada era persaingan dengan negara-negara maju lainnya dalam berbagai bentuk seperti ilmu pengetahuan dan iptek. Oleh karena itu, untuk menciptakan generasi muda/mahasiswa yang berkualitas dan penuh potensi, sebaiknya pemerintah dan para pengajar tidak hanya menekankan pentingnya nilai akademik tapi juga harus memperhatikan kemampuan asertifitas dalam berorganisasi baik di dalam kampus maupun luar kampus. Mahasiswa dalam perkembangannya disebut sebagai masa eksplorasi. Mereka suka bereksperimen dengan masyarakat di luar dirinya. Oleh karena sikap coba-coba ini maka sering terjadi keberanian yang kelewat batas (agresif), sehingga hal ini sering menimbulkan konflik dan suasana yang tidak enak. Mahasiswa yang memiliki minat berorganisasi disertai asertifitas akan mampu mengendalikan emosi serta didalam mengemukakan pendapat dapat bersikap tegas namun tidak menyinggung perasaan orang lain. Sedangkan mahasiswa yang memiliki minat berorganisasi namun tidak disertai asertifitas, maka didalam mengemukakan pendapatnya sering terjadi konflik atau kesalahpahaman. Subjek penelitian berjumlah 32 orang. Alat ukur yang digunakan adalah pertama, skala minat berorganisasi. Skala ini terdiri dari 53 item yang mengandung beberapa indikator pencerminan minat berorganisasi. Kedua, skala asertifitas. Skala ini terdiri dari 33 item yang mengandung beberapa indikator pencerminan dari kemampuan asertifitas seseorang. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan positif antara minat berorganisasi dengan asertifitas pada mahasiswa. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi minat berorganisasi mahasiswa, maka akan semakin tinggi asertifitasnya. Sebaliknya semakin rendah minat berorganisasi mahasiswa, maka akan semakin rendah asertifitasnya

Downloads

Published

2008-09-05

Issue

Section

Articles