DUKUNGAN SOSIAL DAN HARDINESS TERHADAP STRES AKADEMIK PADA SISWA SEKOLAH PENGGERAK (KURIKULUM MERDEKA)

Authors

  • Alifah Qisthi Fadhilah Universitas Islam 45, Indonesia
  • Lucky Purwantini Universitas Islam 45, Indonesia
  • Magdalena Hanoum Universitas Islam 45, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33558/soul.v16i2.10644

Keywords:

Social Support, Hardiness, Academic Stress

Abstract

There are various forms of education in Indonesia, and high
school education is one of them. High school students
belong to the adolescent age group characterized by
curiosity for new experiences, and unresolved curiosity can
lead to academic stress. This study aims to examine the
relationship between social support, hardiness, and
academic stress among Sekolah Penggerak students using
independent curriculum. The study sample consisted of 199
students from grade 1 selected through cluster random
sampling. The data collection methods of the study were
interviews and psychological scales. The research used the
Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA),
Multidimensional Scale of Perceived Social Support
(MSPSS), and the Hardiness Scale. For the analysis,
correlation and multiple regression tests were used.
Correlation test results showed a significant relationship
between social support and academic stress (r=-0,428,
p<0,001) and hardiness and academic stress (r=-0,396,
p<0,001). Social support and hardiness explained 26.2% of
academic stress (R2=0.262; F(2,196)=36.237, p<0.001).

References

Apriliani, A., & Budiman, A. (2016). Hubungan Hardiness Dengan Coping Strategy pada Ibu yang Memiliki Anak Tunarungu di SLB-B Negeri Cicendo Kota Bandung. Prosiding Psikologi, 754–758.

Aziz, A. (2016). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Self Regulated Learning

Pada Siswa SMA Yayasan Perguruan Bandung Tembung. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 8(2), 103.

Azizah, J. N., & Satwika, Y. W. (2021). Hubungan Antara Hardiness Dengan Stres

Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Selama

Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Psikologi: Characters, 8(1), 212–

223.

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H.

(2022). RelevansiKurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran

Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu

Pendidikan, 4(2), 3011–3024.

Kobasa, S. C., Maddi, S. R., & Stephen, K. (1982). Hardiness and Health: A

Prospective Study. Journal of Personality and Social Psychology, 42(1),

168–177.

Kusumaningrum, F. A. (2018). Generasi Sandwich: Beban Pengasuhan dan

DukunganSosial pada Wanita Bekerja. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan

Penelitian Psikologi, 23(2), 109–120.

Lidia, W., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2018). Pengaruh Model Talking Stick

Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(2),81–87.

Nugroho, T., & Narawaty, D. (2022). Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat ( 2020-2021 ), Dan Kurikulum Prototipe Atau Kurikulum Merdeka ( 2022 ) Mata Pelajaran Bahasa Inggris : Suatu Kajian Bandingan. Sinastra, 1(0), 373–382.Oktavia, W. K., Fitroh, R., Wulandari, H., & Feliana, F. (2019). Faktor-Faktor

Yang Mempengaruhi Stres Akademik. Prosiding Seminar Nasional

Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 142–149.

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri Dan Kemandirian

Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X.” Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan,

7(1), 43–49.

Putri, A. D., & Hariastuti, R. T. (2021). Tingkat Stres Akademik Selama

Pembelajaran Daring Pada Peserta Didik Sma Negeri Di Kabupaten

Sidoarjo. Jurnal BK Unesa, 12(3), 511–522.

Putri, S. A., & Sawitri, D. R. (2017). Hubungan Antara Hardiness Dengan Stres

Akademik Pada Taruna Tingkat II Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

JurnalEMPATI, 6(4), 319–322.

Rilla Sovitriana, S. R. A. K. (2021). Hardiness Dan Stress Akademik Selama

Pandemi Covid-19 PadaSiswa Kelas XI Di SMAN 40 Jakarta. Jurnal

Psikologi KreatifInovatif, 1(1), 81–85.

Sahrah, A., & Yuniasanti, R. (2018). Efektivitas Pelatihan Pemberian Dukungan

Sosial PadaWalinapi Dengan Metode Bermain Dan Permainan Peran. Jurnal Psikologi, 45(2), 151.

Salmon, A. G., & Santi, D. E. (2021). Dukungan Sosial Dengan Stres Akademik Mahasiswa Perantau Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi. Buku

Abstrak Seminar Nasional “MemperkuatKontribusi Kesehatan Mental

DalamPenyelesaian Pandemi Covid 19: Tinjauan Multidisipliner,” 1(1),

128–135.

Saputri, H. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Harapan Orangtua Terhadap

KepribadianHardiness. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 50–58.

Sukmawati, A., & Supradewi, R. (2020). Hubungan Antara Dukungan Sosial

DenganPenerimaan Diri Pada Pasien Wanita Penderita Kanker Payudara Pasca Mastektomi Di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang.

Proyeksi: JurnalPsikologi, 14(1), 32 42.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P.

(2022).Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Merdeka di Sekolah Penggerak

Downloads

Published

2025-02-02

Issue

Section

Articles