EVALUASI KINERJA LAHAN PARKIR KAMPUS UNIVERSITAS ISLAM “45” BEKASI

  • Rika Sylviana

Abstract

Kampus Universitas Islam “45” Bekasi adalah sebagai salah satu pusat keg­iatan pendidikan di Bekasi juga tidak terlepas dari masalah perparkiran. Adanya peningkatan jumlah mahasiswa baru tiap tahun akan membawa konsekuensi pertambahan kepemilikan kendaraan yang dapat meningkatkan permintaan parkir.Tentu, hal ini akan menjadi permasalahan baru karena keterbatasan la­han parkir yang ada sehingga tidak dapat menampung lagi pertambahan jum­lah kendaraan.

Oleh karena itu perlu dievaluasi kinetja parkir pada kondisi yang terjadi saat ini sebagai gambaran rencana ke depan berdasarkan kapasitas parkir, akumu­lasi parkir, durasi parkir, tingkat penggunaan parkir, indeks parkir, ketersediaan parkir, dan kebutuhan parkir pada kondisi sistem perparkiran yang terjadi saat ini.

Dari hasil survei yang dilakukan selama 6 hari diperoleh volume parkir mobil dan motor tertinggi yaitu 140 dan 1038 kendaraan terjadi pada hari Minggu dan Jum’at dengan akumulasi parkir sebesar 280 dan 2076 kendaraan. Waktu parkir rata-rata mobil dan motor hampir sama berkisar antara 3-6 jam/kenda­raan. Durasi parkir mobil dan motor terlama terjadi pada hari Minggu sebesar 5 - 6 jam/kendaraan. Pergantian pakir rata-rata mobil hampir 2 kali/jam, sedan­gkan untuk sepeda motor hampir 8 kali/jam. Berdasarkan indeks parkir sepeda motor yang hampir mendekati 100% dan tingkat pergantian parkirnya yang leb­ih besar dari 300%, maka lahan parkir di kampus UNISMA tidak dapat lagi me­nampung sepeda motor yang ada dan perlu menambah lahan p irkir baru serta dapat memberlakukan sangsi jika sepeda motor tidak parkir pada tempatnya

Published
2010-11-10
Section
Articles