Peer Review Process

Setiap artikel yang masuk ke Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar akan direview oleh minimal 1 (satu) orang reviewer yang sesuai dengan tema artikel. Reviewer tidak mengetahui identitas penulis, dan penulis juga tidak mengetahui identitas reviewer (metode double-blind/blind peer-review). Reviewer diberi waktu empat minggu untuk meninjau artikel yang ditugaskan. Tim editorial akan memberikan keputusan untuk menerima atau menolak artikel berdasarkan hasil review yang dilakukan oleh reviewer. Jika reviewer memberikan rekomendasi yang berbeda secara signifikan, editor akan menugaskan 1 (satu) reviewer tambahan untuk menjadi pertimbangan dalam memberikan keputusan terhadap artikel tersebut. Bahasa yang digunakan dalam jurnal ini adalah Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia.

Penulis diharapkan untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum memasukkan artikel ke dalam JK:

Artikel bukan merupakan hasil jiplakan dari artikel orang lain. Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar akan memastikan bahwa setiap artikel yang dipublikasikan tidak akan melebihi 20% skor kemiripan (Artikel yang ditemukan dengan plagiarisme lebih dari 30% secara otomatis ditolak dan penulis disarankan, jika artikel tersebut memiliki kemiripan di bawah atau sama dengan 30%). Pemeriksaan plagiarisme akan dilakukan oleh Dewan Redaksi dengan menggunakan Turnitin® Plagiarism Checker. Adapun Artikel yang dikirimkan belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dalam proses publikasi di jurnal lain. Setiap Artikel yang dikirimkan disesuaikan dengan template Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.