PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDIT AL KAROMAH
DOI:
https://doi.org/10.33558/pedagogik.v12i2.9896Keywords:
Keterampilan Berhitung , Metode Jarikamatika , sdAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya masalah keterampilan berhitung siswa yang masih
rendah di kelas III SDIT Al Karomah. Berdasarkan hasil observasi membuktikan bahwa pada
pembelajaran matematika dalam keterampilan berhitung siswa tergolong sangat rendah. Adapun
permasalahannya yaitu: 1. Siswa masih belum mampu dalam menyelesaikan soal yang berkaitan
dengan operasi hitung perkalian. 2. Siswa kurang memahami perkalian dengan menggunakan hitung
bersusun kebawah. 3. Siswa tidak mampu menempatkan angka dengan benar ketika menyelesaikan
soal perkalian. 4. Rendahnya keterampilan berhitung pada siswa disebabkan kurangnya
keterampilan mereka dalam mengoprasikan aritmatika. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan
keterampilan siswa pada pelajaran matematika, dengan menggunakan metode jarimatika di kelas III
SDIT Al Karomah.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dengan subjek berjumlah 15 siswa dan pada setiap siklus
terdiri dari 3 pertemuan untuk siklus I dan 2 pertemuan untuk siklus II. Pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes tertulis. Adapun kriteria keberhasilan
dalam penelitian ini adalah 100% siswa dengan nilai KKM yang mencapai > 75.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berhitung siswa SDIT Al
Karomah. Pada siklus I dengan nilai 70,8 dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 60% dan pada
siklus II dengan nilai 88 presentase ketuntasan klasikal sebesar 100%. Selisih meningkatnya
presentase klasikal siklus I dan siklus II sebesar 40%. Dengan demikian disimpulkan bahwa metode
jarimatika dapat meningkatkan keterampilan berhitung siswa pada kelas III SDIT Al Karomah.
Kata Kunci : Keterampilan Berhitung, Metode Jarimatika, Siswa Sekolah
Dasar
References
Afriani Dini, F. A. S. D. G. (2019). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Dasar. Elementary Education, 02(1), 1–13. https://doi.org/10.59355/risda.v7i1.97
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Budianti, Y., & Nurfadila, A. (2020) PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI PECAHAN. . . September, 2.Dermawan, D. D., & Andartiani, K. (2022). Worksheets Electronic Development of STEAM-Based to Improve Students' Creative Thinking Ability. Jurnal Hipotenusa, 4(1), 71-81.
Dermawan, D. D., Wardani, S., & Pranoto, Y. K. S. (2021). Pengembangan instrumen assesmen HOTS pada pembelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 387-394
Dermawan, D. D., & Maulana, P. (2023). Analisis Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1671-1579.
Dermawan, D. D., & Sumarni, W. (2020). Efektifitas Pembelajaran Daring Selama Adanya Pandemic Covid 19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 3, No. 1, pp. 605-609).
Dermawan, D. D., Maulana, P., & Ikhsan, M. T. H. (2022). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Flanelgraf Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 229-239.
Dermawan, D. D., Wardani, S., & Pranoto, Y. K. S. (2021). Penerapan Asesmen Hots Sekolah Dasar Menggunakan Aplikasi Quizizz. CV. Zenius Publisher.
Dermawan, D. D. (2023). Pengembangan Asesmen Hots Multiple Choice Mengunakan Aplikasi Quizizz Di Sekolah Dasar. 6 (3), 1335–1345.
Dermawan, D. D., Wardani, S., & Pranoto, Y. K. S. (2021). Development using higher order thinking skills assisted by quizizz applications in science learning. In International Conference on Science, Education, and Technology (Vol. 7, pp. 89-97).
Eliza, F., Fadli, R., Ramadhan, M. A., Sutrisno, V. L. P., Hidayah, Y., Hakiki, M., & Dermawan, D. D. (2024). Assessing student readiness for mobile learning from a cybersecurity perspective. Online Journal of Communication and Media Technologies, 14(4), e202452.
Gafur, A. (2019). Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif Di Sd/Mi. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 38. https://doi.org/10.33474/elementeris.v1i2.4991
Kurniawati, S. I., & Setyawan, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Operasi Bilangan Muatan Matematika Menggunakan Metode Jarimatika Siswa Kelas VI SDN SOCAH 3. 1(3), 84–92.
Nisa Tsalis Febrianti Muthoharotun, febriansyag F. wildan, & Zaini, A. (2024). KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS DI MTs NURUL HUDA SIDOARJO. 14. https://digilib.uinsby.ac.id/39058/
Noorlaila, I. F. (2020). TEORI-TEORI BELAJAR DALAM PENDIDIKAN (1st ed.). EDU PUBLISHER.
Panggarra, A. S., & Trivena, T. (2021). Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Matematika Siswa Kelas IV SDN No. 126 Inpres Garampa’. Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 71–78. https://doi.org/10.47178/elementary.v4i1.1266
Sitio, T. (2017). Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Sdn 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 146. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4097
Tarigan, D., & NST, P. M. (2014). Penggunaan Teknik Jarimatika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Peserta Didik Kelas Ii Sd Negeri 101774 Sampali Percut Sei Tuan. Jurnal Handayani, 1(2), 90–109. https://doi.org/10.24114/jh.v1i2.1273
Thoyyibah, D. (2020). Metode Jaritmatika Untuk Melatih Kemampuan Berhitung Penjumlahan Dan Pengurangan Peserta Didik Kelas 2 Sd. Tunas Nusantara, 2(2), 231–241. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1509
Yani, Y., Dhema, M., & Anomeisa, A. B. (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung Menggunakan Metode Jarimatika Pada Peserta Didik Kelas IV di SDK 051 Waigete. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 1171–1188. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1171-1188
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 nimah anis azzizah, Yudi Budianti, Kori Sundari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.