IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI RUPA
DOI:
https://doi.org/10.33558/pedagogik.v12i2.9812Keywords:
Project Based Learning, Hasil Belajar, Seni Rupa, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh dari penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar pada mata pelajaran seni rupa khususnya materi daur ulang kerajinan dari plastik. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre-Experimental menggunakan One Shot Cased Study. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui wawancara dan penilaian non-tes siswa. analisis data mencakup validasi instrument penilaian non-tes, uji normalitas dan uji hipotesis. Subjek dalam penelitian terdiri dari 26 siswa kelas IV SDN 1 Ciomas, Ciawigebang, Kuningan dengan rician 13 siswa laki-laki dan 13 siswa Perempuan, hasil penelitian menunjukan bahwa pengimplementasian Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran seni rupa khususnya materi daur ulang kerajinan dari plastik memberikan peningkatan yang signifikan selama proses pembelajaran berlangsung, siswa terlibat aktif dan menghasilkan karya seni yang beragam. Rata-rata hasil belajar siswa mencapai 87,2 meningkat dari rata-rata sebelumnya hanya 60 seperti yang terungkap dalam wawancara dengan wali kelas. Secara keseluruhan, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengimplementasian Project Based Learning (PjBL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni rupa khususnya materi daur ulang kerajinan dari plastik.
References
Adek Cerah, K. A., & Khadijah Stiti, L. (2023). PEMBELAJARAN SENI RUPA BERDASARKAN PERSPEKTIF KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 10–19. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.4948
Anggraini, D. P., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkntoran (JPAP), 9(2). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Ayu, D. (2020). PARADIGMA PENDIDIKAN SENI UNTUK KEHIDUPAN ANAK. Jurnal Imajinasi, XIV(1). http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasiDermawan, D. D., & Andartiani, K. (2022). Worksheets Electronic Development of STEAM-Based to Improve Students' Creative Thinking Ability. Jurnal Hipotenusa, 4(1), 71-81.
Dermawan, D. D., Wardani, S., & Pranoto, Y. K. S. (2021). Pengembangan instrumen assesmen HOTS pada pembelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 387-394
Dermawan, D. D., & Maulana, P. (2023). Analisis Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1671-1579.
Dermawan, D. D., & Sumarni, W. (2020). Efektifitas Pembelajaran Daring Selama Adanya Pandemic Covid 19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 3, No. 1, pp. 605-609).
Dermawan, D. D., Maulana, P., & Ikhsan, M. T. H. (2022). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Flanelgraf Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 229-239.
Dermawan, D. D., Wardani, S., & Pranoto, Y. K. S. (2021). Penerapan Asesmen Hots Sekolah Dasar Menggunakan Aplikasi Quizizz. CV. Zenius Publisher.
Dermawan, D. D. (2023). Pengembangan Asesmen Hots Multiple Choice Mengunakan Aplikasi Quizizz Di Sekolah Dasar. 6 (3), 1335–1345.
Dermawan, D. D., Wardani, S., & Pranoto, Y. K. S. (2021). Development using higher order thinking skills assisted by quizizz applications in science learning. In International Conference on Science, Education, and Technology (Vol. 7, pp. 89-97).
Eliza, F., Fadli, R., Ramadhan, M. A., Sutrisno, V. L. P., Hidayah, Y., Hakiki, M., & Dermawan, D. D. (2024). Assessing student readiness for mobile learning from a cybersecurity perspective. Online Journal of Communication and Media Technologies, 14(4), e202452.
Devia Ulfa, T., & Muhammadi. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA MATERI KOMIK SEDERHANA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DI SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 2548–6950.
Khoirurrijal, Fadriati, Makrufi, D. A., Gandi, S., Muin, A., Tareji, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. CV. Literasi Nusantara Abadi.
M, M. (2022). KETERAMPILAN SENI RUPA SD. PENERBIT DEEPUBLISH.
Marni, Y., Desyandri, & Mayar, F. (2023). MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN SENI RUPA DI SEKOLAH DASAR : STRATEGI DAN PRAKTEK TERBAIK. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 2477–5673.
Maulani, P., & Desyandri. (2019). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Musik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. JURNAL MOTIVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR, 3(2). http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd58
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Sari, D. R. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6). http://repo.iain-
Rahman, S. (2021). PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PRODUSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR.
Rokhimawan, M. A., Badawi, J. A., & Aisyah, S. (2022). Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013 pada Tingkat SD/MI. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2077–2086. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2221
Sawaludin, Hasanah, Vestia, E., Budianto, A., Udin, T., Benny Surya, A. P. S. I. B., Martha, F. D., & Nugraheni, T. (2022). METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN. YAYASAN HAMJAH DIHA.
Sujana, C. W. I. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1).
Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING MODEL) PENERBIT CV.EUREKA MEDIA AKSARA. EUREKA MEDIA AKSARA.
Win, A., Suartini, L., & Bronto, S. L. (2024). PEMBELAJARAN SENI RUPA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR (STUDI KASUS DI SDN 1 SUDAJI). Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 14(1), 14–26. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/index
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 wulan junengsih; Nanan Nanan Abdul Manan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.