PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH MODEL PEMBELAJARAN IPS SEMESTER VI PROGRAM STUDI PGSD

Authors

  • Fajar Kusumah Solihin Universitas Sebelas April
  • Muhammad Toni Hartono Ikhsan Universitas Sebelas April

DOI:

https://doi.org/10.33558/pedagogik.v12i2.9808

Keywords:

pbl, minat belajar, berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar mahasiswa pada matakuliah Model Pembelajaran IPS di SD. Hal ini dikarenakan kurangnya penerapan model pembelajaran pada saat perkuliahan. Berdasarkan keadaaan tersebut. Peneliti mencoba untuk menggunakan Model Pembelajaran Problem based learning (PBL). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan minat belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan tidak lain yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Megunakan prosedur Kemmis dan Mc.Taggart dengan empat tahapan yaitu planning, acting,observing, reflecting. Teknik pengumpulan data yang digunakan lembar observasi aktivitas. Hasil Penelitian membuktikan Minat belajar mahasiswa yang meningkat pada tiap siklusnya dengan data awal memperoleh 46%, siklus I memperoleh 72% dan siklus II meningkat menjadi 88%. Sedangkan Berpikir Kritis Mahasiswa data awal memperoleh 38%, siklus I memperoleh 70% dan siklus II meningkat menjadi 86%. Hasil tersebut menandakan adanya peningkatan minat belajar dan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah model pembelajaran IPS SD.

References

Achru (2019). Pengembangan minat belajar dalam pembelajaran. Jurnal idaarah, VOL. III, NO. 2, Desember 2019 https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/view/10012/pdf

Hamdani, dkk. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference Volume 16, Nomor 1 Halaman139- 145 https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/download/38412/25445Dermawan, D. D., & Andartiani, K. (2022). Worksheets Electronic Development of STEAM-Based to Improve Students' Creative Thinking Ability. Jurnal Hipotenusa, 4(1), 71-81.

Dermawan, D. D., Wardani, S., & Pranoto, Y. K. S. (2021). Pengembangan instrumen assesmen HOTS pada pembelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 387-394

Dermawan, D. D., & Maulana, P. (2023). Analisis Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1671-1579.

Dermawan, D. D., & Sumarni, W. (2020). Efektifitas Pembelajaran Daring Selama Adanya Pandemic Covid 19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 3, No. 1, pp. 605-609).

Dermawan, D. D., Maulana, P., & Ikhsan, M. T. H. (2022). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Flanelgraf Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 229-239.

Dermawan, D. D., Wardani, S., & Pranoto, Y. K. S. (2021). Penerapan Asesmen Hots Sekolah Dasar Menggunakan Aplikasi Quizizz. CV. Zenius Publisher.

Dermawan, D. D. (2023). Pengembangan Asesmen Hots Multiple Choice Mengunakan Aplikasi Quizizz Di Sekolah Dasar. 6 (3), 1335–1345.

Dermawan, D. D., Wardani, S., & Pranoto, Y. K. S. (2021). Development using higher order thinking skills assisted by quizizz applications in science learning. In International Conference on Science, Education, and Technology (Vol. 7, pp. 89-97).

Eliza, F., Fadli, R., Ramadhan, M. A., Sutrisno, V. L. P., Hidayah, Y., Hakiki, M., & Dermawan, D. D. (2024). Assessing student readiness for mobile learning from a cybersecurity perspective. Online Journal of Communication and Media Technologies, 14(4), e202452.

Junaidi(2020). Implementasi model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan sikap berpikir kritis. Socius: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 9 (1) April 2020 https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/JS/article/view/7767/pdf

Khairunisa (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik dengan model problem based learning berbasis higher order thinking skills . MES: Journal of Mathematics Education and Science ISSN: 2579-6550 (online) 2528-4363 (print) Vol. 6 No. 1, Oktober 202. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/download/3133/2078

Meyanti,dkk. (2019). Optimalisasi minat belajar siswa melalui model pembelajaran problem solving. Proceedings International Conference on Teaching and Education (ICoTE) Vol. 2 No. 2 (2019) ISSN: 2685-1407, FKIP Universitas Tanjungpura. Pontianak, Indonesia, Pages 262-262. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/icote/article/download/38239/75676584447

Nuryanti (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP.Jurnal Pendidikan, Vol. 3, No. 2, Bln Februari, Thn 2018, Hal 155—158. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10490

Putri, Rifai (2019). Pengaruh Sikap dan Minat Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Volume 3 (2): 173-184, Desember 2019 https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc/article/download/34369/16062/

Septiani (2020). Metode diskusi buzz group dengan analisis gambar untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Unnes Physics Education Journal http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 9 No. 2, Juni 2020, hal 64-70. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/12696/6904

Downloads

Published

2024-10-04