Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Materi Operasi Hitung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD

Authors

  • Rahma Audila Universitas Nusa Putra
  • Nasywaa Kamalia Universitas Nusa Putra
  • Siti Nuranida Universitas Nusa Putra
  • Apwa Nurafni Yani Universitas Nusa Putra
  • Syifa Al-husna Universitas Nusa Putra
  • Vina Kurnia Universitas Nusa Putra
  • Teofilus Ardian Hopemana Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.33558/pedagogik.v12i2.9767

Keywords:

Media Permainan Ular Tangga dan Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media permainan ular tangga dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang operasi hitung matematika. Observasi awal di kelas II mengungkapkan bahwa beberapa siswa belum mencapai tingkat ketuntasan minimal. Studi ini menerapkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan memanfaatkan model PTK Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari empat fase utama: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Partisipan dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas II di SD Negeri 5 Caringin. Analisis data menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa setelah penerapan media permainan ular tangga. Pada awalnya, hanya 65% murid yang mencapai standar minimal, namun pada tahap berikutnya, angka tersebut meningkat menjadi 85%. Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan media permainan ular tangga efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap operasi hitung matematika. Pendekatan pembelajaran ini juga membentuk lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, yang secara keseluruhan dapat meningkatkan motivasi siswa.

References

Afandi, M. (2013). Teori & Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Semarang : Unissula Pres

Aliyyah, Rusi Rusmiati, Alfatia Amini, Iman Subasman, Endang Sri, Budi

Ani Widayati, 2018. 2008. “Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi – Universitas Negeri Yogyakarta 87.” JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN VI (1): 87–93.

Aziz, Lalu Abdul. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V Sekolah Dasar Negeri 24 Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018.” Media Pendidikan Matematika 6 (2): 96–103.

Dermawan, D. D., & Andartiani, K. (2022). Worksheets Electronic Development of STEAM-Based to Improve Students' Creative Thinking Ability. Jurnal Hipotenusa, 4(1), 71-81.

Dermawan, D. D., Wardani, S., & Pranoto, Y. K. S. (2021). Pengembangan instrumen assesmen HOTS pada pembelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 387-394

Dermawan, D. D., & Maulana, P. (2023). Analisis Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1671-1579.

Dermawan, D. D., & Sumarni, W. (2020). Efektifitas Pembelajaran Daring Selama Adanya Pandemic Covid 19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 3, No. 1, pp. 605-609).

Dermawan, D. D., Maulana, P., & Ikhsan, M. T. H. (2022). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Flanelgraf Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 229-239.

Dermawan, D. D., Wardani, S., & Pranoto, Y. K. S. (2021). Penerapan Asesmen Hots Sekolah Dasar Menggunakan Aplikasi Quizizz. CV. Zenius Publisher.

Dermawan, D. D. (2023). Pengembangan Asesmen Hots Multiple Choice Mengunakan Aplikasi Quizizz Di Sekolah Dasar. 6 (3), 1335–1345.

Dermawan, D. D., Wardani, S., & Pranoto, Y. K. S. (2021). Development using higher order thinking skills assisted by quizizz applications in science learning. In International Conference on Science, Education, and Technology (Vol. 7, pp. 89-97).

Eliza, F., Fadli, R., Ramadhan, M. A., Sutrisno, V. L. P., Hidayah, Y., Hakiki, M., & Dermawan, D. D. (2024). Assessing student readiness for mobile learning from a cybersecurity perspective. Online Journal of Communication and Media Technologies, 14(4), e202452.

Henriques, J.B., & Davidson, R.J. (1991) Left frontal hypo activation in depression. Journal of Abnormal Psychology, 100, 535-545. Diambil 16 November 2006 dari Psych INFO database.

Herawati, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, et al. 2021. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Efforts Toimprove The Science Learning Results” 12 (April): 54–72.

Jenet, B.L. (2006, Bulan). A meta-analysis on online social behavior? Journal of Internet Psychology, hal, ISSN. Bulan Tanggal, Tahun. From http://www.Journalofinternetpsychology.com/archives/volume4/3924.html.

Leptkin, J.L. (2006). November 16). Study tips for psychology students [Msg. 11]. Message were rely on http://groups.psychelp.com/forums/messages/48382.html.

Markus, H.R., Kitayama, S., & Heiman, R.J. (1996). Culture and basic psychological principles. Dalam E.T. Higgins & A.W. Kruglanski (Eds.) Social psychology: Handbook of basic principles. New York: The Guilford Press.

Santamaria, J.O. (1991, Bulan Tanggal). How the 21stcentury will impact on human resource development (HRD) professionals and practitioners in organizations Paper was presented on International Conference on Education? Indonesia, A4.

Santoso, G.A. (1993). Faktor-faktor sosial-psikologis yang berpengaruh terhadap tindakan orang-tua untuk melanjutkan pendidikan anak ke sekolah lanjutan tingkat pertama (Studi lapangan di pedesaan Jawa Barat dengan analisis model persamaan struktural). Disertasi doktoral, Program Pascasarjana Universitas Indonesia, Jakarta.

Sibuea, M. F. L., & Sinaga, H. D. E. (2018). Pengembangan media pembelajaran ular tangga aljabar siswa sekolah dasar. Jurnal Education and Development, 6(2), 9-9.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Van Wagner, K. (2006). Guide to APA format. About Psychology. Accessed on November 16, 2006 from http://psychology.about.com/od/ apastyle/guide.

Wassman, J., & Dasen, P.R. (1998). Balineses patial orientation. Journal of Royal Anthropological Institute, 4, 689-731.

Wati, Anjelina. 2021. “Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (1): 68–73.

Downloads

Published

2024-10-04