PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KAPIKO SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN KONJUNGSI BAHASA INDONESIA

Authors

  • Rani Setiawaty PGSD Universitas Muria Kudus
  • Muhammad Noor Alfiandi SD 2 KESAMBI, KABUPATEN KUDUS
  • Puji Lestari Universitas Muria Kudus
  • Muh Haidir Yusuf Alhamdani Universitas Muria Kudus
  • Febrisa Rifda Izharifa Universitas Muria Kudus
  • Lisa Dwi Astuti Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.33558/pedagogik.v12i2.9733

Keywords:

media pembelajaran, konjungsi, bahasa indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengembangkan media pembelajaran berupa Kartu Pintar Konjungsi pada materi penggunaan konjungsi; 2) mengetahui respon peserta didik terhadap kelayakan media pembelajaran berupa Kartu Pintar Konjungsi untuk peserta didik kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg amd Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD 2 Rejosari yang berjumlah 14 orang dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan guru kelas IV untuk menguji kelayakan media pembelajaran berupa Kartu Pintar Konjungsi untuk pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kelayakan produk. Hasil penelitian ini adalah; 1) telah dikembangkan media pembelajaran berupa Kartu Pintar Konjungsi; 2) kelayakan media pembelajaran Kartu Pintar Konjungsi yang telah dikembangkan adalah sangat layak dengan persentase 95,5% berdasarkan penilaian ahli media I dan 98,5% berdasarkan penilaian ahli media II; 3) hasil penilaian guru dengan persentase 92,5% termasuk dalam kriteria sangat layak; 4) hasil respon peserta didik dengan persentase 94,2% termasuk dalam kriteria sangat layak. Selanjutnya didapatkan nilai hasil pretest dan posttest sebesar 43,43 menjadi 75,93 atau dapat dikatakan hasil belajarnya naik sebesar 74%.

References

Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33-42.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Erviana, V. Y., & Muslimah, M. (2019). Pengembangan media pembelajaran tangga pintar materi penjumlahan dan pengurangan kelas I sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(1), 58–68. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i1.23798

Dermawan, D. D., & Andartiani, K. (2022). Worksheets Electronic Development of STEAM-Based to Improve Students' Creative Thinking Ability. Jurnal Hipotenusa, 4(1), 71-81.

Dermawan, D. D., Wardani, S., & Pranoto, Y. K. S. (2021). Pengembangan instrumen assesmen HOTS pada pembelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 387-394

Dermawan, D. D., & Maulana, P. (2023). Analisis Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1671-1579.

Dermawan, D. D., & Sumarni, W. (2020). Efektifitas Pembelajaran Daring Selama Adanya Pandemic Covid 19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 3, No. 1, pp. 605-609).

Dermawan, D. D., Maulana, P., & Ikhsan, M. T. H. (2022). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Flanelgraf Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 229-239.

Dermawan, D. D., Wardani, S., & Pranoto, Y. K. S. (2021). Penerapan Asesmen Hots Sekolah Dasar Menggunakan Aplikasi Quizizz. CV. Zenius Publisher.

Dermawan, D. D. (2023). Pengembangan Asesmen Hots Multiple Choice Mengunakan Aplikasi Quizizz Di Sekolah Dasar. 6 (3), 1335–1345.

Dermawan, D. D., Wardani, S., & Pranoto, Y. K. S. (2021). Development using higher order thinking skills assisted by quizizz applications in science learning. In International Conference on Science, Education, and Technology (Vol. 7, pp. 89-97).

Eliza, F., Fadli, R., Ramadhan, M. A., Sutrisno, V. L. P., Hidayah, Y., Hakiki, M., & Dermawan, D. D. (2024). Assessing student readiness for mobile learning from a cybersecurity perspective. Online Journal of Communication and Media Technologies, 14(4), e202452.

Florida, N., López, C., & Pocomucha, V. (2012). Pentingnya Pendidikan Bagi Mnusia. 2(2), 35–43.

Harlina, & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Harlina 1) Ratu Wardarita 2) 1). Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68.

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Nomor Mei)

Hidayati, N. (2013). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 1(3).

Krisanti, R. Y., Suprihatien, S., & Suryarini, D. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Tangan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menyimak Dongeng Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 24-35.

Liyana, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Aksara Lampung Kelas V Min 9 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Nurina, dkk. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Model Siklus Belajar 5E Berbasis Konstruktivistik pada Materi Sistem Sirkulasi Manusia untuk Kelas XI SMA. (Unpublished). Universitas Negeri Malang, Malang.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rahmat, A. S. (2017). Games Book sebagai Media Peningkatan Minat Baca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Kelas Tinggi. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 27. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7494

Rohmaini, L., Netriwati, N., Komarudin, K., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg and Gall. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 176-186.

Sudaryono, dkk. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudijono, Anas. 2012. Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. & Rivai, Ahmad. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Suliani, N. N. W. (2011). Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandalampung: Universitas Lampung.

Triskawati, & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Dokansi Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian , 01(1), 55–67.

Downloads

Published

2024-10-04