PENERAPAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDIT PERMATA HATI
DOI:
https://doi.org/10.33558/pedagogik.v12i1.8314Keywords:
TGT, Motivasi, Belajar, PTKAbstract
Penelitian ini membahas implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Games
Tournament (TGT) dengan dukungan media pembelajaran kartu domino untuk
meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas III SDIT Permata Hati. Penelitian
dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama dua siklus. Siklus I
melibatkan perbaikan tindakan berdasarkan refleksi siklus sebelumnya, sedangkan siklus
II bertujuan mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa, mencapai persentase rata-rata
sebesar 84,83% pada siklus II. Implementasi model pembelajaran TGT berbantu media
berhasil meningkatkan minat dan interaksi siswa dalam pembelajaran matematika di kelas
III SDIT Permata Hati.