ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA KONSONAN RANGKAP SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siti Isvia Nur Hawani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tri Intan Hadisatputri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Agung Anugrah Pratama Universitas Negeri Makasar
  • Sendi Fauzi Giwangsa Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33558/pedagogik.v12i1.8310

Keywords:

Kemampuan Membaca, Konsonan Rangkap, Kelas 1

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan membaca permulaan siswa
kelas 1 khususnya pada huruf konsonan rangkap. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu
unruk mengetahui latar belakang apa saja yang mempengaruhi siswa belum bisa
membaca atau melafalkan huruf konsonan rangkap dengan baik, serta upaya apa yang
bisa dilakukan untuk melatih serta meningkatkan kemampuan membaca huruf konsonan
rangkap siswa kelas 1 sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif
deskriptif dengan subjek penelitian 7 orang siswa dan guru kelas 1. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa siswa kelas 1 masih belum bisa membaca konsonan rangkap dengan
baik. sebab, pembelajaran yang dilakukan di sekolah belum terlaksana secara maksimal
sehingga memunculkan beberapa kesalahan yang biasanya terjadi yaitu menghilangkan
suku kata pada konsonan rangkap, memisahkan huruf konsonan rangkap, serta tidak
mengetahui bagaimana cara membaca huruf konsonan rangkap. Upaya yang dapat
dilakukan yaitu dengan memberikan les tambatan serta menggunakan media
pembelajaran yang dapat siswa gunakan untuk berlatih membaca secara mandiri.

Downloads

Published

2024-02-14