MODEL COOPERATIVE INTEGRATEDREADING AND COMPOSITION (CIRC) SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yudi Budianti Universitas Islam 45 Bekasi
  • Melinda Febriyantih Universitas Islam 45

DOI:

https://doi.org/10.33558/pedagogik.v12i1.8309

Keywords:

Model Cooperative Integratedreading And Composition, Kemampuan Membaca Pemahaman

Abstract

Membaca pemahaman adalah suatu tahap proses membaca bagi siswa Sekolah
Dasar kelas atas dengan memahami seluruh isi bacaan. permasalahan pada Siswa
Sekolah Dasar dalam membaca pemahaman siswa Sekolah Dasar pada pelajaran
Bahasa Indonesia. Model Cooperative Integrated Reading and Composition
(CIRC). Hasil dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and
Composition (CIRC) siswa diyakini dapat: 1) siswa mampu menemukan gagasan
utama pada setiap paragraf 2) siswa mampu menemukan makna dari kata-kata sulit
dan membuat kalimat dari kata-kata sulit tersebut. 3) siswa mampu untuk menjawab
pertanyaan secara komperhensif dari bahan bacaan. 4) siswa mampu untuk
menceritakan kembali bahan bacaaan dengan kalimat bahasa sendiri. 5) siswa
mampu untuk menyimpulkan bahan bacaan.

Downloads

Published

2024-02-14