MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33558/pedagogik.v12i1.8301Keywords:
Moldel Pelmbelajran Prolblelm Baseld Lelarning, Hasil Belajar, IPA, Selkolah DasarAbstract
Hasil belajar IPA siswa sekolah dasar yang di bawah rata- rata, hal ini disebabkan karena
pembelajaran berpusat pada guru. Dalam menyampaikan materi kepada siswa hanya
berjalah satu arah dari guru kepada siswa kemudian banyak siswa yang tidak menyadari
pentingnya belajar, khsusnya pada mata pelajaran IPA, karena siswa merasa kesulitan
dalam memahami materi yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui gambaran dari penggunaan mmodel pembelajaran Problem Based Learning
yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Meltoldel analisis yang
digunakan yaitu Syistelmatic Litelratur Relvielw (SLR) atau tinjauan Pustaka sistelmatis
yaitu pelnelitian untuk melakukan idelntifikasi, elvaluasi, dan intelrpreltasi telrhadap selmua
hasil pelnelitian yang relelvan telrkait pelrtanyaan pelnelitian telrtelntu, tolpik telrtelntu atau
felnolmelna yang melnjadi pelrhatian. Analisis ini melnggunakan 17 jurnal artikel yang
belrkaitan delngan moldel pelmbelajaran Prolblelm Baseld Lelarning ( PBL) dan hasil belajar
IPA yang selsuai delngan inklusi pelnelitian. Yaitu telrindelks databasel gololglel scholar,
jurnal dipublikasikan pada tahun 2018 - 2022 ( 5 tahun telrakhir ), subjelk pelncarian selsuai
delngan tolpik pelmbahasan pelneliti, pelajaran IPA, dan siswa selkolah dasar. Berdasarkan
hasil analisis model pembelajaran Model Pembelajaran Problem Mased Learning dapat
meningkatkan hasil belajar siswa secolah dasar secara siknifikan.