METODE SHOW AND TELL SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rima Rikmasari Universitas Islam 45
  • Fanny Sumirat Universitas Islam 45
  • Siti Mardiah Universitas Islam 45

DOI:

https://doi.org/10.33558/pedagogik.v12i1.8300

Keywords:

Metode Show and Tell, Keterampilan Berbicara, Bahasa Indonesia, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran penerapan
metode show and tell dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar
pada pelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode study
literature atau tinjauan literatur sistematis yang mengadaptasi dari metode Preferred
Reporting Items for Systematic Review and Meta Analysis (PRISMA). Penelitian ini
menggunakan data sekunder berupa pencarian literatur online yang bersumber dari
Google Scholar, Garuda, Dimensions dan ResearchGate. Kata kunci yang digunakan
adalah “metode show and tell” DAN “keterampilan berbicara” DAN “bahasa indonesia”
DAN “sekolah dasar”. Berdasarkan hasil pencarian secara keseluruhan didapatkan 237
jurnal, kemudian dilakukan tahap identifikasi, screening dan kelayakan, hanya terdapat
16 jurnal yang relevan dan sesuai dengan kriteria inklusi yang telah ditetapkan, dari
hasil penelitian ini nilai keterampilan berbicara siswa berada di atas nilai rata-rata
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 dengan kategori baik. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa metode show and tell dapat meningkatkan keterampilan berbicara
siswa pada pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar.

Downloads

Published

2024-02-14