PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE SISWA KELAS III SDN BOJONG RAWALUMBU X KOTA BEKASI TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.33558/pedagogik.v12i1.8111Keywords:
Model Pembelajaran Think Pair Share, Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan SosialAbstract
Peneliti dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas III
SDN Bojong Rawalumbu X Kota Bekasi Timur. Hal ini dapat dilihat dari 1) Siswa kurang
memahami materi pembelajaran: 2) Siswa masih takut untuk bertanya kepada guru: 3) Siswa masih
kesulitan ketika mengelompokkan materi Perkembangan Transportasi. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Bojong Rawalumbu X Kota Bekasi Timur
mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Metode penelitian ini
menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus atau putaran
kegiatan PTK dilakukan empat kegiatan pokok, yaitu perencaan, melaksanakan tindakan, observasi
dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 31 siswa. Data pengumpulan ini menggunakan teknik
pengumpulan ini berupa tes tertulis dan observasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah
apabila 80% dari jumlah siswa mencapai nilai KKM yang ditetapkan yaitu 75. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh peningkatan presentase ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya. Pada siklus I
sebesar 45% dengan rata-rata nilai 70 dan siklus II sebesar 84% dengan rata-rata nilai 81. Lalu
siklus diberhentikan karena telah mencapai target nilai ketuntasan klasikal 80% pada mata pelajaran
IPS di SDN Bojong Rawalumbu X Kota Bekasi melalui model pembelajaran Think Pair Share
(TPS).