UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN DENGAN METODE JARIMATIKA SISWA KELAS IV

Authors

  • Rosda Hanifa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Reza Syehma Bahtiar Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33558/pedagogik.v12i1.8106

Keywords:

Matematika, jarimatika, perkalian, hasil belajar

Abstract

Kesulitan siswa dalam mempelajari dan menyelesaikan soal materi perkalian dipengaruhi oleh beberapa faktor satu diantaranya adalah metode yang dipakai guru harus tepat dan menyenangkan. Untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian di kelas IV SDN Pakis V Surabaya, menekankan kepada penggunaan metode untuk mempermudah siswa dalam menyelesaikan soal-soal perkalian. Penggunaan metode yang dapat memudahkan siswa dan mudah ditemukan alat konkretnya nampaknya harus diterapkan, hal ini dimaksudkan agar tujuan pembelajaran matematika yang sudah ditetapkan kurikulum dapat tercapai dan sesuai dengan perkembangan kognitif siswa. Salah satu metode yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berhitung serta membangkitkan semangat untuk belajar karena metodenya merupakan kegiatan  yang menyenangkan, metode yang digunakan adalah metode jarimatika yang menggunakan 10 jari sebagai alat bantu untuk proses berhitung perkalian. Melalui metode jarimatika, siswa tidak perlu membeli alat peraga karena metode ini sangat praktis dengan menggunakan jari-jari tangan sebagai alat berhitung, sedangkan jari tangan dimiliki oleh setiap siswa dan memenuhi tahap perkembangan kognitifnya, karena siswa akan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan konsep yang berkaitan yaitu perkalian.

Kata Kunci : Matematika, jarimatika, perkalian, dan hasil belajar.

Downloads

Published

2024-02-14