PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI ENERGI GERAK
DOI:
https://doi.org/10.33558/pedagogik.v11i1.5945Keywords:
Model Contextual Teaching And Learning, Hasil Belajar, IPAAbstract
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah ilmu yang mempelajari tentang alam semesta,
yang mengungkapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan alam semesta.
Penelitian ini merupakan studi literature yang mengkaji dan menganalisis hasil
penelitian sebelumnya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana
proses analisis datanya lebih menekankan pada penyimpulan perbandingan tinjauan
pustaka dari beberapa jurnal. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan
penerapan penggunaan Model Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan
hasil belajar mata pelajaran IPA siswa Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penerapan Model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil
belajar IPA pada tiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Model ini
menekankan keaktifan siswa dalam mempelajari materi. Dalam prosesnya pembelajaran
dilakukan secara aktif, kreatif, produktif, melalui kerjasama, pengalaman langsung
siswa, penerapan konsep dan dalam situasi yang menyenangkan. Dengan demikian
Model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata
pelajaran IPA energi gerak siswa Sekolah Dasar.