MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORYTELLING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33558/pedagogik.v11i1.5944Keywords:
Model Pembelajaran Paired StoryTelling, Keterampilan Berbicara, Sekolah DasarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperjelas bahwa penerapan model
pembelajaran Paired Storytelling lebih meningkatkan kemampuan berbicara siswa
sekolah dasar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang mengalami kesulitan
dalam mempelajari bahasa Indonesia, khususnya pada mata pelajaran yang melibatkan
keterampilan berbicara. Dalam berbicara, siswa sering melakukan kesalahan dalam
menggunakan atau berbicara bahasa Indonesia dengan benar. Siswa pasif di kelas tidak
mau memberikan ide dan gagasan, mengungkapkan pemikirannya. Metode penelitian
yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR). Data diperoleh dengan
menggunakan metode akumulasi berupa identifikasi masalah, pencarian data,
penyaringan, ekstraksi dan verifikasi. Indeks untuk dimasukkan dalam penelitian ini
adalah: Artikel jurnal 9 tahun terakhir (2013-2021), berdasarkan mata pelajaran, mata
pelajaran Bahasa Indonesia, mata pelajaran sekolah dasar, dari 12 artikel yang diulas.
Skor sebesar 10,21% diperoleh berdasarkan hasil review dengan menggunakan metode
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Selain itu, semua artikel yang tervalidasi 100%
mengalami peningkatan dan dampak dari penggunaan model pembelajaran bercerita
berpasangan.