MODEL SNOWBALL THROWING SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Kori Sundari Universitas Islam 45 Bekasi
  • Devi Siti Mardiyah Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.33558/pedagogik.v11i1.5939

Keywords:

Model Pembelajaran Snowball Throwing, Hasil Belajar, IPS

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah sebagai bidang studi yang
mengandung nilai-nilai moral, kesejarahan, dan kemasyarakatan perlu
diperkenalkan dan diajarkan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS) di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan
proses analisis data lebih menekankan pada penyimpulan perbandingan tinjauan
pustaka dari beberapa jurnal ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan
menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil
belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), selain itu dapat mengarahkan siswa
menjadi aktif, melatih kerjasama dan bertanggung jawab dalam kelompok
sehingga dapat membangun rasa percaya diri siswa serta memotivasi siswa dalam
pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Snowball
Throwing dijadikan sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar.

Downloads

Published

2023-04-16