PENDEKATAN MODEL CONNECTING, ORGANIZING, REFLETING, EXTENDING (CORE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33558/pedagogik.v11i1.5926Keywords:
Model Pembelajaran (CORE), Hasil Belajar, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Model
Pembelajaran Connecting, Organizing, Refleting, Extending (CORE) yang dilaksanakan
bersama guru di MIS Sirojul Athfal Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan
secara bertahap melalui 2 siklus. Setiap siklus dilakukan secara bertahap dari rencana tindakan,
pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan diakhiri refleksi. Subjek penelitian berjumlah 23
siswa yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan laki-laki 10 siswa dan perempuan 13
siswa. Tahapan-tahapan yang dilakukan sesuai prosedur Model Pembelajaran Connecting,
Organizing, Refleting, Extending (CORE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan rata-rata pada siklus I adalah 76,69
meningkat pada siklus II menjadi 85,52 berada pada kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan
temuan-temuan pada saat penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan Model
Pembelajaran Connecting, Organizing, Refleting, Extending (CORE) dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas IV di MIS Sirojul Athfal Kabupaten Bogor pada mata pelajaran IPS materi
kegiatan ekonomi berdasarkan potensi alam. Hasil ini diharapkan dapat memberikan dampak bagi
siswa dan memberikan wawasan bagi guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran di
sekolah.