PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33558/pedagogik.v11i1.5878Keywords:
Metode Demonstrasi, Ketrampilan Membaca NyaringAbstract
Keterampilan membaca nyaring masih tergolong rendah dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan masih sedikitnya siswa yang kurang mampu membaca
nyaring. Siswa tidak bersemangat, malas membaca keras, bingung dalam mengucapkan kata,
membuat kalimat dengan intonasi yang benar. Untuk belajar membaca nyaring diperlukan
suatu metode pembelajaran. Metode pembelajaran adalah cara penggunaan sumber belajar
dalam proses pembelajaran aktif siswa dan pencapaian tujuan pembelajaran. Sehingga
keterampilan membaca nyaring siswa dapat meningkat dengan menggunakan Metode
Demonstrasi. Metode demonstrasi adalah metode penyajian pelajaran dengan cara
memperagakan dan memperlihatkan kepada siswa suatu proses, situasi atau benda, nyata atau
sekedar tiruan. Selain metode penyajian, penjelasan guru juga tidak bisa dipisahkan.
Walaupun dalam metode demonstrasi, siswa hanya perlu memperhatikan.