PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rini Endah Sugiharti Universitas Islam 45 Bekasi
  • Shabrina Oktaviana Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.33558/pedagogik.v11i1.4615

Keywords:

Model Picture And Picture, Keterampilan Menulis, Karangan Narasi

Abstract

Bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran di sekolah yang mengharapkan
peserta didik mempunyai keterampilan berbahasa. Keterampilan tersebut antara lain
adalah keterampilan menyimak, membaca, berbicara, dan menulis, Dari keempat
keterampilan tersebut, keterampilan menulislah yang dipandang sulit dan kompleks oleh
sebagian besar peserta didik. Dalam pembelajaran menulis karangan narasi diperlukan
model pembelajaran. Model pembelajaran merupakan cara untuk menggunakan
sumber belajar dalam proses pembelajaran siswa aktif dan tujuan pembelajaran dapat
tercapai. Sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Oleh karena itu model
pembelajaran sangat berpengaruh dalam kegiatan pembelajaran, terutama pada
pembelajaran menulis karangan narasi. Dengan menggunakan model pembelajaran
Picture And Picture maka siswa diyakini dapat meningkatkan keterampilan menulis
karangan narasi dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Dan hasil yang diharapkan bagi siswa
ialah: 1) Siswa dapat berinteraksi dengan teman kelompok melalui diskusi. 2) Siswa
dapat meningkatkan cara berfikir kritis, kreatif dan menumbuhkan rasa sosial yang tinggi
sesama teman. 3) siswa dapat belajar dengan aktif dan menyenangkan. 4) Siswa memiliki
kemampuan sikap berani bertanya dan mengeluarkan pendapat dari hasil diskusi nya
dengan kelompok lain. 5) siswa percaya diri dengan apa yang dia pikirkan dalam
pembelajaran.

Downloads

Published

2023-04-16