EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL BERBASIS POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.33558/pedagogik.v10i1.4609Keywords:
Audio Visual, Powtoon, IPAAbstract
Penggunaan media pembelajaran buku yang masih banyak digunakan oleh guru dalam pembelajaran IPA menyebabkan siswa jenuh dan kesulitan dalam memahami materi. Hal ini pun menjadikan kurangnya pemanfaatan fasilitas yang ada di sekolah, seperti proyektor dan laptop. Media pembelajaran audio visual berbasis powtoon menjadi salah satu media yang dapat digunakan untuk mengurangi kejenuhan siswa dalam belajar. Proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran audiovisual berbasis Powtoon merupakan langkah untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi. Penelitian dilakukan pada siswa-siswi kelas IV SDN 1 Dangiang, Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut. Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Powtoon diterapkan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian dilakukan pada tanggal 2 Desember 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Deskripsi dengan pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi dan Wawancara. Observasi dilakukan saat pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Dan wawancara dilakukan pada murid kelas IV sebagai informan kunci penelitian. Penilaian aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran audio visual berbasis powtoon dilakukan menggunakan sekala likret. Skor pada setiap kriteria yiatu 4 (Sangat Baik), 3 (Baik), 2 (Cukup), dan 1 (Kurang). Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran audio visual berbasis powtoon pada mata pelajaran IPA memiliki rata-rata 83,3%. Rata-rata aktivitas siswa ini termasuk dalam kategori sangat baik.