PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI WANASARI 14 CIBITUNG - BEKASI

Authors

  • Arrahim Arrahim
  • Serly Amalia

DOI:

https://doi.org/10.33558/pedagogik.v6i1.433

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI).

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran matematika kelas IV semester ganjil SD Negeri Wanasari 14 Cibitung - Bekasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 40 orang. Pada siklus I nilai rata-rata 58.9 dan persentase ketuntasan 65% kategori “cukup”, siklus II nilai rata-rata 77.12 dan persentase ketuntasan 77.5 % kategori “baik”, dan siklus III nilai rata-rata 88.62 dan persentase ketuntasan 92.5% kategori “sangat baik”. Hal ini menujukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas IV SD Negeri Wanasari 14 Cibitung - Bekasi.

Downloads

Published

2018-03-17