PERSPEKTIF PENGEMBANGAN LITERASI SAINS DI PENDIDIKAN DASAR

Authors

  • Fanny Sumirat Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.33558/pedagogik.v7i1.1791

Keywords:

literasi sains, pendidikan dasar

Abstract

Pendidikan sains sebagai bagian dari pendidikan dipandang sebagai tahap awal
dalam upaya formal untuk memberikan bekal kemampuan tentang sains kepada
siswa. Pendidian sains juga diharapkan dapat membantu manusia seutuhnya
yang “melek” sains (science literate) karena sains berada dekat pada kehidupan
sehari-hari. Pengembangan literasi sains di jenjang pendidikan dasar diharapkan
dapat memberikan dampak positif bagi perkembanagan peserta didik baik dari
aspek konten sains, proses sains, konteks sains dan sikap. Bagaimanapun dalam
penerapan pengembangan literasi sains akan dijumpai berbagai masalah, yang
semata-mata hal tersebut tidak terlepas dari faktor pendukung dan
penghambatnya. Dengan demikian seyogyanya semua pihak yang terlibat baik
sekolah, pemerintah maupun masyarakat bekerjasama dalam pengembangan
pendidikan untuk mempersiapkan generasi gemilang dan tangguh dalam
mengahadapi tantangan jaman.

Downloads

Published

2019-08-29