PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
DOI:
https://doi.org/10.33558/pedagogik.v7i1.1790Keywords:
Pemahaman Konsep, Model Contextual Teaching and Learning (CTL)Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep
siswa yang rendah pada mata pelajaran IPA melalui model Contextual Teaching
and Learning (CTL) di kelas III SDN Sertajaya 02 Cikarang Timur. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Instrumen dalam penelitian ini
menggunakan tes tertulis berbentuk uraian dan lembar pengamatan aktivitas
guru berupa daftar ceklis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN
Sertajaya 02 Cikarang Timur yang berjumlah 24 siswa. Indikator keberhasilan
penelitian ini adalah 80% siswa mendapat nilai KKM yaitu 75. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa di setiap siklusnya
yaitu pada siklus I sebesar 58% dengan rata-rata sebesar 66, 9 dan pada siklus II
meningkat menjadi 83% dengan rata-rata sebesar 81,7. Dengan demikian
diperoleh bahwa model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat
meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN
Sertajaya 02 Cikarang Timur