PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nining Nining SDN Cipaku 03 Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33558/pedagogik.v7i1.1788

Keywords:

Model Creative Problem Solving, Penalaran Matematis Siswa

Abstract

Tujuan penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui peningkatan penalaran
matematis siswa kelas VI SD SDN Cipaku 03 Kecamatan Paseh Kabupaten
Bandung Tahun Ajaran 2018-2019.dengan menggunakan model creative problem
solving. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Penelitian Tindakan
Kelas (PTK), dimana PTK ini merupakan suatu upaya yang dilakukan guru dalam
rangka memperbaiki praktek pembelajaran di kelas, sehingga PTK ini sangatlah
baik dilaksanakan oleh para guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan
meminimalisir masalah yang muncul pada saat praktek pembelajaran. Adapun
instrumen yang diguanakan yaitu lembar observasi, lembar tes penalaran
matematis, lembar wawancara, dan jurnal catatan guru. Berdasarkan data telah
diperoleh penemuan bahwa terjadinya peningkatan-peningkatan mengenai hasil
tes penalaran matematis siswa, sehingga dapat diperoleh hasil penelitian bahwa
model creative problem solving dapat meningkatkan penalaran matematis siswa.
Oleh karena itu penulis merekomendasikan model creative problem solving
kepada para guru sebagai salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan
penalaran matematis siswa dalam pembelajaran matematika di SD.

Downloads

Published

2019-08-29