UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN AREN JAYA VIII BEKASI TIMUR

Authors

  • Arrahim Arrahim Universitas Islam 45 Bekasi
  • Nurul Kamalia

DOI:

https://doi.org/10.33558/pedagogik.v7i1.1785

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep
Matematika melalui model pembelajaran Open Ended earning pada siswa kelas
IV SD SDN Aren Jaya VIII Bekasi Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berlangsung selama dua siklus dimana
setiap siklusnya tiga kali pertemuan yang meliputi tahap perencanaan,
pelaksanaan, penilaian dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data
berupa lembar checklist dan tes tertulis berupa uraian yang diberikan pada akhir
pembelajaran setiap pertemuan kedua.
Hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan pemahaman konsep
siswa yang dilihat dari setiap siklusnya. Pada siklus I dapat dilihat dari hasil nilai
rata-rata yaitu 39,75 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 3,13%. Pada
siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 59,84 dengan persentase ketuntasan
klasikal sebesar 46,88%.

Downloads

Published

2019-08-29