UPAYA MENINGKATKAN LISTENING SKILL MELALUI METODE SIMAK DAN GAMBAR (LISTEN AND DRAW) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV DI SDN JATIMULYA 03 KAB.BEKASI

Authors

  • Yudi Budianti Universitas Islam 45 Bekasi
  • Anjas Sabila

DOI:

https://doi.org/10.33558/pedagogik.v7i1.1784

Keywords:

Keterampilan menyimak (listening skill), Metode Simak dan Gambar (listen and draw)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak
(listening skill) siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan
metode Simak dan gambar (listen and draw) pada siswa kelas IV SDN Jatimulya
03 Kab.Bekasi. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan
berlangsung selama dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV
dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh
dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dan tes lisan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan pada pra siklus
mencapai nilai rata-rata kelas 57,42 persentase ketuntasan klasikal sebesar
12,90%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 72,26 dengan persentase ketuntasan
klasikal sebesar 48,39% dan siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas
83,23 persentase ketuntasan klasikal sebesar 90,32%. Kesimpulan dari penelitian
ini adalah Metode Simak dan Gambar (listen and draw) dapat meningkatkan
keterampilan menyimak (listening skill) mata pelajaran Bahasa Inggris pada siswa
kelas IV di SDN Jatimulya 03 Kab.Bekasi.

Downloads

Published

2019-08-29