HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN 11 PETANG JAKARTA TIMUR

  • Rachmawati Indah Permata Sari
  • Amin .

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keingintahuan peneliti tentang ada atau tidaknya hubungan motivasi belajar denga hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPSĀ Kelas IV di SDN 11 Petang Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumen berupa nilai ulangan tengah semester mata pelajaran IPS.Sampel dalam penelitian iniadalahberjumlah30 siswaIV di SDN 11 Petang Jakarta Timur.Dari hasil perhitungan didapat xy r produkmomen sebesar 0,065 maka H1 diterima. Koefisien determinasi sebesar 12,3% menunjukkan bahwa motivasi belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa.Dengandemikiandapat disimpulkan bahwa terdapathubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV.

Published
2014-02-25