PENGARUH PENDEKATAN ANALISIS NILAI TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP KEPEDULIAN SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPSDI SDN AREN JAYA III
Abstract
Pendekatan Analisis Nilai (Value Analysis) merupakan sebuah pendekatan pembelajaran afektif yang mampu membantu peserta didik mempelajari pengambilan keputusan melalui proses langkah demi langkah secara sistematis dengan penekanan pada perkembangan kemampuan siswa untuk berfikir logis dengan cara menganalisis masalah yang berhubungan dengan nilai-nilai sosial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan Nonequivent Control Group Design yang dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN Aren Jaya III dengan jumlah 65 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pretes pemahaman konsep siswa yang mendapat perlakuan memiliki rata-rata 6,224 dan N Gain 0,34% berkategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol dengan pendekatan konvensional diperoleh nilai rata-rata 4,92 dan N Gain 8,7% berkategori rendah. Pada pretes sikap kepedulian sosial kelas eksperimen dengan pendekatan analisis nilai, memiliki ratarata 9 dengan N Gain 25% dan kelas yang kontrol diperoleh rata-rata 7,67 dengan N Gain 2,2%. Setelah dilakukan Uji-T menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Analisis Nilai (value analysis) berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman konsep dan sikap kepedulian sosial siswa