PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDERHANA PAPAN KOORDINAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VI MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENENTUKAN POSISI TITIK DALAM SISTEM KOORDINAT CARTESIUS DI SDN BOJONG MENTENG III
Abstract
Penelitian ini membahas penggunaan alat peraga sederhana papan kordinat untuk meningkatkan kemampuan siswa mengenai materi “menentukan posisi titik dalam Sistem Koordinat Cartesius”. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Bojong Menteng III, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, pada tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian adalah 53 orang siswa Kelas VI. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dapat memotivasi siswa mengikuti proses pembelajaran dengan lebih baik. Direkomendasikan kepada para guru matematika untuk lebih mengoptimalkan penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran matematika materi “menentukan posisi titik dalam Sistem Koordinat Cartesius