IDENTIFIKASI GANGGUAN PERSEPTUAL MOTORIK PADA SISWA TK AISYIYAH KOTA SUKABUMI

  • Titis Nurina Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Ahmad Alwi Nurudin Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: survei, perseptual motorik

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi indikasi gangguan perseptual motorik pada perkembangan motorik siswa TK Aisyiyah se-Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa TK Aisyiyah se-Kota Sukabumi yaitu TK Aisyiyah Kota Sukabumi 1 dan TK Aisyiyah Kota Sukabumi 2, dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 69 orang. Untuk mendeteksi gangguan perseptual motorik yang dapat dilakuan dengan sebuah tes perseptual motorik, salah satu tes untuk mengetahui gangguan peseptual motorik, adalah tes perseptual motorik dari Jack Capon,  meliputi tes: mengenal bagian tubuh, berjalan di atas papan, meloncat bergantian kaki tumpu, melompat dan mendarat, haling rintang, menangkap bola, kemudian mencatat data yang ada dengan bantuan lembar observasi yang telah dibuat dan yang terakhir mengecek lembar observasi yang telah dicatat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar kemampuan perseptual motorik siswa TK Aisyiyah se-Kota Sukabumi dalam kategori cukup sebesar 68.12%, kategori baik sebesar 31.88%, dan tidak ada yang termasuk dalam kategori kurang.

Published
2018-02-22
How to Cite
Nurina, T., & Nurudin, A. (2018, February 22). IDENTIFIKASI GANGGUAN PERSEPTUAL MOTORIK PADA SISWA TK AISYIYAH KOTA SUKABUMI. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 8(2), 158-166. https://doi.org/https://doi.org/10.33558/motion.v8i2.219