Author Guidelines

AUTHOR GUIDELINES / PEDOMAN PENULIS

Pedoman penulisan artikel di Maslahah: Jurnal Hukum Islam dan Perbankan Syariah dapat dilihat sebagai berikut:

  1. Artikel adalah karya ilmiah asli penulis dan belum pernah dipublikasikan atau sedang dalam proses dipublikasikan oleh media lain;
  2. Artikel-artikel menekankan kajian Hukum Islam di Negara-Negara Islam pada umumnya dan khususnya di Indonesia dengan menekankan pada teori-teori hukum Islam dan praktiknya di dunia Islam (Lihat Fokus dan Ruang Lingkup);
  3. Artikel harus sesuai dengan gaya dan template jurnal di sekitarnya;
  4. Penulis harus mengirimkan artikel yang mengulas tema aktual dalam lingkup Hukum Islam, menunjukkan ketajaman analisis, pemutakhiran referensi, dan tidak ada plagiarisme. Penulis harus mengisi formulir untuk keaslian artikel;
  5. Sistematika artikelnya adalah:

Judul artikel ditulis dengan Times New Arabic (18 pt) dan sebaiknya tidak lebih dari 14 kata. Nama penulis, afiliasi, dan email.

  • Abstrak

Abstrak harus jelas, singkat, dan deskriptif. Abstrak ini harus memberikan pengenalan singkat tentang masalah, tujuan makalah, diikuti dengan pernyataan tentang metode dan ringkasan singkat hasil. Font dengan Times New Arabic (10 pt) dan sebaiknya tidak lebih dari 200 kata.

  • Kata kunci

Kata kunci disusun menurut abjad dan harus memiliki minimal dua kata kunci dan maksimal lima kata kunci dipisahkan dengan titik koma (;).

  • Pendahuluan

Pendahuluan harus jelas dan memberikan masalah yang akan dibahas dalam naskah. Di akhir paragraf, penulis harus mengakhiri dengan komentar tentang pentingnya identifikasi masalah dan tujuan penelitian.

  • Metode

Metode ditulis secara deskriptif. Metode ini opsional, hanya untuk artikel penelitian asli.

  • Analisis dan Diskusi

Bagian ini adalah bagian terpenting dari artikel Anda. Berisi hasil objek penelitian dan harus jelas dan ringkas.

  • Kesimpulan

Kesimpulan berisi uraian yang seharusnya menjawab tujuan penelitian. Jangan mengulang Abstrak atau sekedar mendeskripsikan hasil penelitian. Memberikan penjelasan yang jelas mengenai kemungkinan penerapan dan/atau saran terkait dengan temuan penelitian.

  • Referensi

Untuk pengajuan terbitan yang diterbitkan mulai tahun 2022 dan seterusnya, Maslahah menggunakan Chicago Manual of Style dalam Referensi di akhir naskah. Kutip hanya item yang telah Anda baca dan tulis di catatan kaki. Semua publikasi yang dikutip dalam teks harus dimasukkan dalam bagian Referensi dan disusun menurut abjad. Panduan cepat kutipan dapat ditemukan di: http://www.chicagomanualofstyle.org/tools_citationguide/citation-guide-1.html

  1. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab;
  2. Artikel yang dikirimkan ke Maslahah telah ditulis dalam format kertas A4 (21x29.7 cm), Margin (Atas: 2,5 cm, kiri: 2,5 cm, Botton: 2 cm, Kanan: 2 cm), Calibri Light 12 pt, 1, 15 spasi dan naskah tidak kurang dari 9000-13000 kata.
  3. Artikel yang dikirimkan ke Maslahah ditulis dengan menggunakan aplikasi referensi Mendeley atau Zotero manager dengan Format Chicago Manual of Style dalam bentuk catatan kaki.
  4. Artikel yang dikirimkan melalui online submission harus memuat file artikel dan biodata akademik;
  5. Artikel yang dikirim menggunakan transliterasi Arab-Indonesia sesuai SKB 3 Menteri
  6. Pastikan artikel Anda disiapkan menggunakan template artikel