PENINGKATAN PARTISIPASI PEMILIH MILENIAL: STRATEGI KOMUNIKASI DAN SOSIALISASI KOMISI PEMILIHAN UMUM PADA PEMILU 2019

Authors

  • Novita Dila
  • Ai Fitri

DOI:

https://doi.org/10.33558/makna.v7i2.2182

Keywords:

Komisi Pemilihan Umum, Milenial, Partisipasi Pemilih, Sosialisasi

Abstract

In the era of the Industrial Revolution 4.0, the General Election Commission (KPU) does not only utilize conventional media, but also new media as part of the communication and socialization strategy in the 2019 General Election, one of the targets was the millennial generation, especially 17-year-olds who were first used their voting rights. This study aims: 1) to analyze the communication and socialization strategies of the General Election Commission in increasing millennial voter participation in Bekasi City, 2) Evaluating the level of millennial voter participation, and 3) Analyzing several factors that cause an increase in millennial voter participation. This study applied a qualitative method with a case study research design. Data obtained through direct observation, in-depth interviews, and documentation. The informants in this study were the Commissioner of the General Election Commission of Bekasi City, Political Party Officer, and Millennial Voters. The selection of informants in this study was determined based on purposive sampling and snowball sampling techniques. Data analysis techniques used include: 1) data collection, 2) data reduction, 3) data presentation, and 4) draw conclusions or verification. The research location was conducted at the General Election Commission of Bekasi City. The research findings show that the strategy carried out by the General Election Commission in increasing the participation of Millennial Voters in Bekasi City uses dialogical methods and communicating directly with voters, this has an impact on increasing Millennial Voter Participation in the 2019 General Election, besides that, several other supporting factors are political awareness. Society, especially Millennial Voters, is getting better and political education is also more effective.

 

References

Abubakar, S. (2007) Paradigma Pengembangan Ilmu Pengetahuan Thomas S. Kuhn dan Relevansinya dengan Kajian Keislaman.
Abidin, Z. (2017). Strategi Politik Calon Independen dalam Pemenangan Pilkada Serentak 2015 di Kabupaten Rembang (Studi Pemenangan Pasangan H. Abdul Hafidz dan Bayu Andriyanto, SE) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Aksa, Y. A. D. (2018). MEDIA KONVENSIONAL & SOSIALISASI PEMERINTAH DESA. MAKNA: Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa dan Budaya, 1-18.
Ali, H., &Purwandi, L.(2017). Milenial nusantara. Gramedia Pustaka Utama.
Anggrainy, M. (2018). Strategi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Musi Rawas Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih (Studi pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan 2018 dan Pemilihan Umum 2019) (Doctoral dissertation, Universitas Lampung).
Ardiani, D., Kartini, D. S., & Herdiansyah, A. G. (2019). Strategi Sosialisasi Politik Oleh KPU Kabupaten Ngawi Untuk Membentuk Pemilih Pemula yang Cerdas dalam pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 di Kabupaten Ngawi. Jurnal Pemilu, 6(1),18–32.
Arrsa, R. C. (2016). Pemilu Serentak dan Masa Depan Konsolidasi Demokrasi. Jurnal Konstitusi, 11(3),hal.515-537. Asrudin, A. (2014). Thomas Kuhn dan Teori Hubungan Internasional: Realisme sebagai Paradigma. Jurnal Global South Review, 1(2), 107-122.
Asshiddiqie, J., & Tarmizi. (2010). Konstitusi & Konstitusionalisme Indonesia. Sinar Grafika.
Audiansyah, H. E. (2019). Partisipasi Pemilih Pemula Di Pileg 2019 (Peran KPU Kabupaten Jombang dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula di Pileg 2019) (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Azis, M. F. (2018). Studi Eksplorasi Voting Behavior, Political Branding, Political Disaffection Pada Generasi Pemilih Millenial. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, Jurnal Politik 3(1),45-54.
Budiardjo, M. (2008.) Dasar- Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Budiardjo, M. (1982). Partisipasi dan Partai Politik. Jakarta: Gramedia.
Budiawan, E., Liando, D. M., & Sampe, S (2018). Sosialisasi Politik Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Melalui Alat Peraga Kampanye dan Bahan Kampanye Oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Sosial dan Politik, 1–12.
Budiyono, H. (2013). Penelitian Kualitatif Proses Pembelajaran Menulis: Pengumpulan Dan Analisis Datanya. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(1).
Deviyanti, D. (2013). Studi tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan di Kelurahan Karang Jati Kecamatan Balikpapan Tengah. Jurnal Administrasi Negara, 1(2), hal. 380-394.
Delviani, D. (2019). Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Studi Terhadap Pemutakhiran Data Pemilih dalam Pemilukada di Kabupaten Bone). Jurnal Al- Dustur, 1(1).
Djaelani, A. R. (2013). Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pawiyatan, 20(1).
Isnaini, M. (2017). Gerakan Kerelawanan Generasi Milenial: Kasus Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2017 dalam Perspektif Komunikasi Politik. Jurnal Kolase Komunikasi di Indonesia.
Jamil, F. (2016). Strategi Komunikasi Politik Pilkada Gowa 2015 (Studi Kasus Kemenangan Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo, SH dan H. Abd Rauf Malaganni S. Sos., M. Si) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Khadijah, S & Rezeki, P (2019). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI TUTOR BTQ DAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA, MAKNA: Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa dan Budaya, 5 (2), 31-54.
Manzilati, A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Universitas Brawijaya Press.
Mandela, D. (2016). Strategi Kampanye Politik Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Bandar lampung dalam Pilkada Serentak Tahun 2015 (Studi Kasus Calon Walikota Herman HN dan Calon Wakil Walikota Muhammad Yusup Kohar, Calon Walikota Tobroni Harun dan Calon Wakil Walikota. Jurnal Politik. 2015.
Merry, A., Asrinaldi, A., & Zetra, A. Z. (2018). Pengaruh Kesadaran Dan Kepercayaan Politik Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat Dharmasraya Pada Pilkada 2015. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(1), 109-132.
Mivadila, M., Chatra, E., & Ariany, R. (2019). Proses Komunikasi Dalam Sosialisasi Pilgub Sumatera Barat Tahun 2015.Profetik: Jurnal Komunikasi, 11(2), 5-16.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muldjono, P. (2012:15). Strategi Pengembangan Private Label Dalam Bisnis Ritel. Jurnal Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 2(1).
Mulyadi, D., & Aridhayandi, M. R. (2017). Putusan Mahkamah Konstitusi Tentang Pemilu Serentak Dihubungkan Dengan Pencegahan Korupsi Politik. Jurnal Hukum Mimbar Justitia, 1(2), 532-549.
Mu'as, A. (2015). Inkonsistensi Putusan MK Atas penyelengaraan Pemilu Serentak (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Mustaqim, M. (2016). Paradigma Perilaku Sosial Dengan pendekatan Behavioristik (Telaah Atas Teori Burrhusm Frederic Skinner). Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 10(2), 503-513.
Murfi, J. (2015). Analisis Putusan MK Nomor 14/PUU-XI/2013 Atas Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 Tentang pemilihan Umum Presiden Dan wakil. (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).
Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.
Purnawan, E. (2014). Perilaku Pemilih Masyarakat Di Desa Toapaya Utara Kecamatan Toapaya Kabupaten Bintan Dalam Pemilihan Kepala Daerah Gubernur Tahun 2010.
Rukin, S. P., &Si,M. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Rifka, T. F. (2015). Faktor-faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah Periode 2013-2018 (Studi Kasus Di Kelurahan Klepu, Kabupaten Klaten) (Doctoral dissertation, Universitas WidyaDharma).
Sahid, R. (2011). Analisis data penelitian kualitatif. model Miles dan Huberman. Surakarta: UMS.
Satmoko, A. A. (2019). Strategi Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep Dalam Menekan angka Golput Pada Pemilu 2019. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 7 (2).
Sariwaty, Y., & Rahmawati, D. (2019).Peran Komisi Pemilihan Umum Dalam Mensosialisasikan Pemilihan Umum Serentak 2019 pada kelompok Marjinal Kota Bandung. Jurnal Marjinal, 7(2), 150–155.
Satmoko Adi, Agus. (2019). Strategi Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep Dalam menekan Angka Golput Pada Pemlu 2019. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 7(2).
Syarifuddin A., I. (2019). Tugas Dan Wewenang Komisi Pemilihan Umum Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pada pemilu Di Daerah Istimewa Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Ahmad Dahlan).
Widhiastini, N. W., Subawa, N. S., Sedana, N., & Permatasari, N. P. I. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat Dalam Pilkada Bali. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 1-11.

Widodo, A. (2005). Konstruktivisme dan pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, No 2(0215–8250), 159–171.
Widya, W., & Arisabella, A. (2018). Review Jurnal: Makna Metodologi Dalam Penelitian. 
Zaenab, S. (2019). Strategi komunikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Bangkalan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada pelaksanaan pilkada serentak 2018 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya).

Downloads

Published

15-12-2009