Pengaruh Terpaan Pesan Kode Promo GrabFood terhadap Loyalitas Pelanggan pada Mahasiswa Kota Surabaya

Authors

  • Nadia Putri
  • Anam Miftakhul Huda

DOI:

https://doi.org/10.33558/makna.v7i2.2174

Keywords:

Terpaan Media, Komunikasi Pemasaran, Kode Promo Grab, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Persaingan bisnis tranportasi berbasis online semakin berkembang di Indonesia sehingga perusahaan harus memperhatikan strategi komunikasi pemasarannya agar tidak kalah bersaing dengan kompetitor. Pentingnya mempertahankan loyalitas pelanggan bagi sebuah perusahaan akan meningkatkan keuntungan 25% hingga 58%. Perusahaan transportasi online Grab yang telah berkembang di Indonesia sejak tahun 2014 menjadi objek yang akan diteliti pada penelitian ini. Grab telah mengembangkan bisnisnya di seluruh wilayah Indonesia hingga saat ini menjadi aplikasi transportasi online kedua yang memiliki pengguna terbanyak setelah Gojek. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pesan kode promo yang dilakukan oleh Grab melalui terpaan medianya terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini  menggunakan penelitian kuantitatif eksplanatif untuk menguji variabel terpaan pesan kode promo dan loyalitas pelanggan. Peneliti menggunakan populasi mahasiswa kota Surabaya sebanyak 272.846 orang dengan teknik pengambilan sampel berupa non probability sampling untuk mengambil data sebanyak 348 responden. Metode yang digunakan adalah survey maka penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online berupa Google Form yang diukur dengan skala Likert. Pengembangan instrumen dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas dengan 30 responden untuk menguji kelayakan instrumen untuk penelitian. Dalam menganalisis data penelitian untuk menguji hipotesis penelitian bahwa terdapat pengaruh positif terpaan pesan kode promo Grab terhadap loyalitas pelanggan maka teknik analisis yang dilakukan adalah uji korelasi Spearman Rank. Ditemukan koefisien korelasinya adalah 0,54 yang termasuk kategori hubungan yang sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa durasi pelanggan dalam membaca pesan kode promo GrabFood adalah rendah, intensitas pelanggan dalam memahami informasi adalah tinggi, dan frekuensi pelanggan dalam menerima informasi dan membuka aplikasi adalah tinggi. Koefisien korelasi dilakukan pengujian signifikansinya dengan uji t dan uji z menghasilkan pengaruh yang positif dan signifikan. Penelitian ini menghasilkan hipotesis penelitian diterima bahwa terdapat pengaruh positif terpaan pesan kode promo Grab terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan nilai koefisien determinasi yang ditemukan adalah 0,30 maka disimpulkan bahwa 30% loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh terpaan pesan kode promo Grab dan 70% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

References

Abdillah, R. (2018). Pengaruh Terpaan Iklan Situs Bukalapak.com Terhadap Minat Beli (Studi pada Mahasiswa UISU Medan). (Skripsi) Universitas Sumatera Utara.

Alvara Strategic Research. (2019). Perilaku dan Preferensi Konsumen Millennial Indonesia terhadap Aplikasi E-Commerce 2019. Alvara Beyond Insight, 34.
Amalia, J. R. (2020). Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Kunjung Wisatawan (Studi Akun Instagram @Museum_Bi Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Pengikut Instagram Museum Bank Indonesia). (Skripsi). Universitas Pertamina.
Badan Pusat Statistik Jawa Timur. (2019). Jumlah Perguruan Tinggi, Mahasiswa, dan Tenaga Edukatif (Negeri dan Swasta) di Bawah Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Menurut Kabupaten/Kota di Jawa Timur, 2018/2019. www.jatim.bps.go.id.
Cummins, J. (1991). Promosi Penjualan. Jakarta, Binarupa Aksara.
Dharmamesta, B.S. 1999. Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 14 (3), 73- 88.
Effendy, O. U. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Eisingerich, A. B., & Rubera, G. (2010). Drivers of Brand Commitment: A Cross-. National Investigation. Journal of International Marketing, 18(2), 64–79.
Engel, J. F. et. al., (1995) Perilaku konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.
Grab. (2019). Sejarah dan Profil Grab. www.grab.com.
Griffin, J. (2005). Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Hasan, A. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Jakarta: CAPS.
Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2016). Jumlah Penduduk Indonesia Melakukan Aktivitas E-commerce. Studi Indikator TIK. www.kominfo.go.id
Kendri, & Saputra, A. (2018). Pengaruh Strategi Promosi dan Loyalitas Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian. Manajemen Bisnis STIE IBBI, 30(1).
Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia jilid satu. Jakarta: Prentice Hall.
Kotler, P., Wong, V., Saunders, J., & Armstrong, G. (1999). Principles of Marketing. Prentice Hall Europe.
Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana
Kusnandar, V. B. (2019). Pangsa Pasar Jasa Layanan Transportasi Online Asia Tenggara 2019. Databoks. databoks.katadata.co.id
Lestari, A., & Yulianto, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Pelanggan Citra Kendedes Cake & Bakery Jl . S . Hatta B3 Kav. A, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 54(1), 74–81.
Lestari, T. (2015). Pengaruh Terpaan Iklan Televisi Elevenia Terhadap Minat Beli Mahasiswa. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(1), 25–33.
Malhotra, M.K. (2012). Operations Management,10th Edition. USA: Pearson.
Mirantika, S. D., & Khadijah, S. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli di Hema Resto Kemang Pratama Bekasi. MAKNA: Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa dan Budaya, 5(1), 20–77.
Mowen, J. C & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen (Jilid 1). Jakarta: Erlangga
Mu’ah, & Masram. (2014). Loyalitas Pelanggan : Tinjauan Aspek Kualitas Pelayanan dan Biaya Peralihan. Zifatama Publisher.
Murti, D. W. I., & Rahayu, E. (2012). PERSEPSI TERHADAP TERPAAN IKLAN TELEVISI ( Studi Pada Iklan Televisi Ponds Flawless White Versi Rianti Cartwright Pada Mahasiswi Universitas Lampung ). (Skripsi) Universitas Indonesia.
Nangoy, S., Mandey, S. L., & Kawet, L. (2016). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Pada Matahari Departemen Store Manado (Studi Kasus Di Matahari Departemen Store Manado Town Scuare). Jurnal Ilmiah Society, 1(24).
Nurhayati. (2017). Hubungan antara Terpaan Iklan, Promosi Penjualan, dan Citra Merek dengan Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Layanan T-Cash (Telkomsel Cash). (Skripsi) Universitas Diponegoro.
Nurullaili, & Wijayanto, A. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Loyalitas Konsumen Tupperware (Studi Pada Konsumen Tupperware di Universitas Diponegoro). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 89–97.
Oliver, R. L. (2010). Satisfaction: A Behavioral Perpective on The Customer. New York: McGraw-Hill.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Salemba Empat.
Pradana, A. S., & Saraswati, T. G. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Proses Keputusan Pembelian Jasa Grabcar. 5(2), 2740–2747.
Prameswari, N. P. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen pada Asuransi Prudential Di Kota Semarang. (Skripsi) Universitas Diponegoro.
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Zifatama Publisher.
Putra, A. M., & Santosa, S. B. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Fasilitas, Kualitas Pelayanan, dan Promosi terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. BCA Cabang Kanjengan Semarang. (Skripsi) Universitas Diponegoro.
Putri, Y. L., & Utomo, H. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa). Among Makarti, 10(19), 70–90.
Rakhmat, C. A. (2011). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Starbucks Coffee). (Skripsi) Universitas Indonesia.
Sari, C. R. (2016). Pengaruh Promosi Penjualan dan Citra Terhadap Loyalitas Pelanggan di Perigon Fitness Studio Yogyakarta. (Skripsi) Universitas Yogyakarta.
Sari, E., & Dwiarti, R. (2018). Pendekatan Hierarki Abraham Maslow Pada Prestasi Kerja Karyawan PT. Madubaru (PG Madukismo) Yogyakarta. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 6(1), 78–102.
Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi. Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian (28th ed.). Alfabeta.
Supardi, S. (1993). Populasi dan Sampel Penelitian. Unisia, 13(17), 100–108.
Sutrisni. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Desain Produk, Harga, dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat IM3 pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang. (Skripsi). Universitas Diponegoro Semarang.
Syarifudin, S., & Saepudin. (2018). Strategi Pemasaran Radio Dakta 107 FM. MAKNA: Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa dan Budaya, 3(2), 69–84.
Tandjung, W. (2004). Marketing Management Pendekatan pada Nilai-nilai Pelanggan. Malang: Banyumedia.
Tjiptono, F. (2005). Brand Management and strategy. Edisi Pertama. Andi: Yogyakarta.
Widyatama, R. (2009). Buku Pengantar Periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
Wulansari, A., Fanani, D., & Fanani, D. (2013). Analisis Hubungan Promosi Penjualan dengan Pencapaian Penjualan (Studi Kasus pada PT. Cahya Yamaha Kediri). Jurnal Administrasi Bisnis 4 (2), 1-8.
Yudhanto, G. E. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan pada Loyalitas Pelanggan Telkomsel pada Merek Kartu Halo di Bandar Lampung. (Doctoral dissertation, Universitas Lampung).

Downloads

Published

15-12-2009