Analisis Kecenderungan Pemberitaan Kampanye Calon Presiden 2019 di Antaranews.com

Authors

  • Andam Rukhwandir
  • Tatik Yuniarti

DOI:

https://doi.org/10.33558/makna.v7i2.2173

Keywords:

media massa, kecenderungan, objektivitas, pemilu 2019

Abstract

This study discusses the balance of the 2019 presidential election campaign coverage on Antaranews.com. This research uses a quantitative approach with descriptive content analysis method which is carried out through coding techniques on the news that has been determined as a sample in the study. The research was conducted by coding news samples through Westerstahl's objectivity theory. The objectivity of news can be measured through this theory, which has two dimensions, namely, factuality and impartiality. Coding is done by analyzing the sentences in the news through these dimensions which are divided into several indicators. The results of the study found that there was a tendency for the 2019 presidential candidates to report on Antaranews.com. The news on the presidential candidates on Antaranews.com tended to be more towards Joko Widodo. This is evident in Jokowi's reporting, which tends to show more positive opinions and a larger portion of the coverage.

References

[Dewan Pers]. (2006). Kode Etik Jurnalistik. Jakarta : Dewan Pers. Tersedia pada (https://dewanpers.or.id/kebijak an/peraturan) diakses pada Selasa, 16 Oktober 2018 pukul 13.10 WIB.
[Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia]. (2018). Keputusan Komisi Pemilihan Umum No. 1131/PL.02.2-KPT/06/IX/2018. Jakarta : KPU. Tersedia pada (http://kpudrembangkab.go.id/wp- content/uploads/2018/12/Peneta pan-Pasangan-Calon-Presiden- Wakil-Presiden-Pemilu-2019- From-KPU RI.pdf) diakses pada Selasa, 16 Oktober 2018 pukul 14.00 WIB
[Sekretariat Republik Indonesia]. (2007). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 40 Tentang Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Kantor Berita Nasional Antara. Jakarta : Sekretariat Negara. Tersedia pada (http://ditjenpp.kemenkumham.g o.id/arsip/ln/2007/pp40- 2007.pdf) diakses pada Selasa,16 Oktober 2018 pukul 13.20 WIB
[Sekretariat Negara Republik Indonesia]. (2002). Undang- undang Republik Indonesia Tentang Penyiaran. Jakarta : Sekretariat Negara. Tersedia pada (https://ppidkemkominfo.files.wo rdpress.com/2012/11/uu-no-32-tahun-2002-tentang penyiaran.pdf) diakses pada Selasa, 16 Oktober 2018 pukul 13.15 WIB.
Aganovi, M., I., Armando, M. N. (2014). Keberpihakan Media Online terhadap Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilihan Presiden Republik Indonesia 2014. [Skripsi] Jakarta: Universitas Indonesia. Tersedia pada (http://lib.ui.ac.id/hasilcari?loka si=lokal&query=Keberpihakan +Media+Online+terhadap+Pas angan+Calon+Presiden+dan+ Wakil+Presiden+pada+Pemilih an+Presiden+Republik+Indone sia+2014) diakses pada Selasa, 12 Februari 2019 pukul 19.00 WIB.
Agustina, W. (2018, Februari 10) Terungkap, Indonesia Punya Media Massa Terbanyak di Dunia. Diakses dari https://nasional.tempo.co/read/1059285/terungkap-indonesia-punya-media-massa-terbanyak-di-dunia/full&view=ok.
Aisyah, A. (2014). Politisasi Media Televisi Indonesia (Studi Pemberitaan Tv One Terhadap Pilpres 2014). [Skripsi] Jakarta: UIN Jakarta. Tersedia pada (http://repository.uinjkt.ac.id/ds pace/bitstream/123456789/2863 9/1/AISYAH FISIP.pdf) diakses pada Rabu, 20 Februari 2019 pukul 16.00 WIB.
Aksa, Y. A. D. (2018). MEDIA KONVENSIONAL & SOSIALISASI PEMERINTAH DESA. MAKNA: Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa dan Budaya, 1-18.
Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Damara, A. C. (2019). Teknik Analisis Isi Berita Basuki Thahaja Purnama Sebelum dan Sesudah Pilkada DKI Jakarta Putaran II. [Skripsi] Banten: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Tersedia pada (http://repository.fisip- untirta.ac.id/933/) Selasa, 5 Maret 2019 pukul 15.00 WIB.
Eriyanto, E (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Hasfi, N. (2010). Tantangan Jurnalis di Era Globalisasi Informasi. [Internet] Diakses dari https://www.kompasiana.com/nessyapm/59cc62ad2350df67124c9b52/tantangan-jurnalisme-dalam-era-masa-kini pada 04 Januari 2019 pukul 20.00 WIB
Jalaludin, R. (1991). Metode Penelitian Komunikasi. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Jati, R. W. (2013). Politik Persuasif Media: Peran Media dalam Pemilu Presiden 2001- 2009. Jurnal Penelitian Politik. 10 (2), 15-30. Tersedia pada (http://ejournal.politik.lipi.go.id/ index.php/jpp/article/download/ 432/245) diakses pada Rabu, 10 April pukul 14.00 WIB.
Koespradono, G. (2011). Merekayasa Fakta Menjadi Berita. Jakarta: Kurniaesa,
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana
Kusumaningrat. P., Kusumaningrat, H. (2007). Jurnalistik Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.
Manan, A, Can, E., Kustiah., Fakhri, M., Yuliastuti, D. (2014). Pedoman Perilaku Jurnalis. Jakarta: Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta didukung Yayasan TIFA.
McQuail, D. (1987). Mass Communication Theory (Teori Komunikasi Massa). Jakarta: Erlangga.
McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Penerjemah Putri Iva Izzati. Jakarta: Salemba Humanika.
Moleong. L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhtadi, A. S, (1999). Jurnalistik Pendekatan dan Teori dan Praktik. Bandung: Logos Wacana Ilmu.
Ni‟Matussholikhah, R. (2015). Keberimbangan Berita dalam Media Sibe (Ananlisis Isi Berita Konflik Pilkada Lampung Periode Desember 2015 di Saibumi.com.[Skripsi] Lampung Universitas Lampung. Tersedia pada (http://digilib.unila.ac.id/27069/ 10/SKRIPSI%20TANPA%20BA B%20PEMBAHASAN.pdf) diakses pada Rabu, 22 Mei 2019 pukul 17.00 WIB.
Nurudin, N. (2003) Komunikasi Massa. Malang: CESPUR
Pontarie, E. (2015). Komparasi Kebenaran, Relevansi, Keseimbangan dan Netralitas dalam Pemberitaan (Studi Konten Analisis Terkait Pemberitaan Pemilu Presiden 2014 di Harian Kompas dan Koran Sindo). Jurnal Studi Komunikasi dan Media Massa 19, 1, 3-4. Tersedia pada (https://media.neliti.com/media/ publications/133425-ID- komparasi-kebenaran-relevansi- keseimbang.pdf) diakses pada Selasa, 11 Juni 2019 pukul 14.25 WIB.
Saputri, W. (2016). Analisis Isi Pemberitaan Eksekusi Mati Mary Jane Fiesta Veloso di Tempo.co. [Skripsi] Jakart: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Tersedia pada (http://repository.uinjkt.ac.id/ds pace/bitstream/123456789/32395/1/WINA%20SAPUTRI.PDF) diakses pada Kamis, 18 April 2019 pukul 16.20 WIB.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunarjo., D. (1983). Himpunan Istilah Komunikasi. Edisi kedua. Yogtakarta: Liberty.
Sutaryo. (2005). Sosiologi Komunikasi. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.
Syamsul, A., & Romli, M. 2014. Jurnalistik Online. Bandung: Nuansa Cendekia.
Yuniarti, T. (2018). KEPEMIMPINAN DAN PENGELOLAAN MODAL SOSIAL DALAM PENANGGULANGAN BENCANA BANJIR. MAKNA: Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa dan Budaya, 3 (1), 94-128.
Yusuf, A. (2010, Apr 10). Memaknai Sensasionalisme Bahasa dalam Pemberitaan Media.[internet] Tersedia pada https://bincangmedia.wordpress. com/2010/04/13/memaknai- sensasionalisme-bahasa-dalam- pemberitaan-media/. Wordpress.com. diakses pada 28 Agustus 2019 pukul 19.40 WIB.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muldjono, P. (2012:15). Strategi Pengembangan Private Label Dalam Bisnis Ritel. Jurnal Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 2(1).
Mulyadi, D., & Aridhayandi, M. R. (2017). Putusan Mahkamah Konstitusi Tentang Pemilu Serentak Dihubungkan Dengan Pencegahan Korupsi Politik. Jurnal Hukum Mimbar Justitia, 1(2), 532-549.
Mu'as, A. (2015). Inkonsistensi Putusan MK Atas penyelengaraan Pemilu Serentak (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Mustaqim, M. (2016). Paradigma Perilaku Sosial Dengan pendekatan Behavioristik (Telaah Atas Teori Burrhusm Frederic Skinner). Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 10(2), 503-513.
Murfi, J. (2015). Analisis Putusan MK Nomor 14/PUU-XI/2013 Atas Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 Tentang pemilihan Umum Presiden Dan wakil. (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).
Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.
Purnawan, E. (2014). Perilaku Pemilih Masyarakat Di Desa Toapaya Utara Kecamatan Toapaya Kabupaten Bintan Dalam Pemilihan Kepala Daerah Gubernur Tahun 2010.
Rukin, S. P., &Si,M. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Rifka, T. F. (2015). Faktor-faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah Periode 2013-2018 (Studi Kasus Di Kelurahan Klepu, Kabupaten Klaten) (Doctoral dissertation, Universitas WidyaDharma).
Sahid, R. (2011). Analisis data penelitian kualitatif. model Miles dan Huberman. Surakarta: UMS.
Satmoko, A. A. (2019). Strategi Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep Dalam Menekan angka Golput Pada Pemilu 2019. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 7 (2).
Sariwaty, Y., & Rahmawati, D. (2019).Peran Komisi Pemilihan Umum Dalam Mensosialisasikan Pemilihan Umum Serentak 2019 pada kelompok Marjinal Kota Bandung. Jurnal Marjinal, 7(2), 150–155.
Satmoko Adi, Agus. (2019). Strategi Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep Dalam menekan Angka Golput Pada Pemlu 2019. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 7(2).
Syarifuddin A., I. (2019). Tugas Dan Wewenang Komisi Pemilihan Umum Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pada pemilu Di Daerah Istimewa Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Ahmad Dahlan).
Widhiastini, N. W., Subawa, N. S., Sedana, N., & Permatasari, N. P. I. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat Dalam Pilkada Bali. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 1-11.

Widodo, A. (2005). Konstruktivisme dan pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, No 2(0215–8250), 159–171.
Widya, W., & Arisabella, A. (2018). Review Jurnal: Makna Metodologi Dalam Penelitian. 
Zaenab, S. (2019). Strategi komunikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Bangkalan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada pelaksanaan pilkada serentak 2018 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya).

Downloads

Published

15-12-2009

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>