STRATEGI KOMUNIKASI PENDIDIK DALAM MENGHADAPI TEMPER TANTRUM ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
DOI:
https://doi.org/10.33558/makna.v5i2.1804Keywords:
strategi komunikasi, anak berkebutuhan khusus, komunikasi antar pribadi.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisi strategi komunikasi pendidik di Sekolah Alam Bambu Item dalam menghadapi temper tantrum anak berkebutuhan khusus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi komunikasi menurut Effendy serta teori komunikasi antarpribadi dan psikologi komunikasi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa komunikasi antara pendidik dengan anak murid berkebutuhan khusus di kelas SNC Sekolah Alam Bambu Item dengan fokus utama yaitu bagaimana strategi komunikasi pendidik dalam menghadapi kejadian tantrum anak berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Library Research, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidik di Sekolah Alam Bambu Item menggunakan strategi komunikasi dalam menghadapi temper tantrum anak berkebutuhan khusus. Strategi komunikasi tersebut dilihat dari tiga komponen yaitu (1) mengenali sasaran komunikasi, (2) penyampaian media komunikasi serta (3) pengkajian tujuan pesan komunikasi. Pendidik menggunakan teknik instruksi dalam melancarkan strategi komunikasi untuk mengurangi temper tantrum.
Kata Kunci: strategi komunikasi, anak berkebutuhan khusus, komunikasi antar pribadi.