Penulisan karya ilmiah sebagai upaya peningkatan profesionalisme bagi guru SMPN 30 Banjarmasin

  • Muhammad Adhitya Hidayat Putra Universitas Lambung Mangkurat
  • Mahmudah Hasanah Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Rezky Noor Handy Universitas Lambung Mangkurat
  • Siti Zulfah Universitas Lambung Mangkurat
  • Nor Laili Universitas Lambung Mangkurat
  • Dhimas Pratama Nindya Putra Sari Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Artikel ilmiah, guru, pelatihan, workshop

Abstract

Menulis artikel ilmiah merupakan salah satu upaya guru untuk meningkatkan kualitas dan mengembangkan profesionalitas. Akan tetapi, minat baca dan kebiasaan menulis guru masih rendah. Hal ini membuat para guru mengalami kesulitan ketika harus mengajukan kenaikan pangkat karena tidak memiliki latar belakang pengetahuan dan pemahaman yang cukup dalam menulis artikel ilmiah, sementara salah satu syarat pengajuan kenaikan pangkat adalah dengan mempublikasikan artikel ilmiah. Oleh karena itu, diadakan pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi para guru di Banjarmasin untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mereka dalam menulis artikel ilmiah. Setelah mengikuti kegiatan ini, para guru diharapkan dapat mempublikasikan artikel ilmiah dan dapat meningkatkan kualitas dan profesionalitas kerjanya sehingga mutu pendidikan menjadi lebih baik.

References

Muzakkir, H. H., La Adu &. H. (2018). Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah. Deepublish.

Simanjuntak, J. M. (2022). Manajemen Pengembangan Keprofesian Guru Berbasis Produk Karya Tulis Ilmiah. Penerbit Andi.

Sudjana, N., & Laksana, U. (2004). Menyusun Karya Tulis Ilmiah untuk Memperoleh Angka Kredit. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sukamto, Ismu and Siska Mega Diana, Siska and Perdana, Dayu Rika. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Di Lingkungan Kota Metro. LLPM UNILA.

Sutikno, A. (2018). Upaya peningkatan kompetensi guru melalui pengembangan diri. In Prosiding “Profesionalisme Guru Abad XXI”, Seminar Nasional IKA UNY (Vol. 1, No. 1, pp. 45-57).

Suyanto, & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Penerbit Erlangga.
Published
2024-05-07