Pemanfaatan komik digital pada pembelajaran ipa di kelas tinggi sekolah dasar

  • Mohamad Syarif Sumantri Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Jakarta
  • Arum Sekar D Putri Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Media pembelajaran, komik digital, interktif, pelajaran sains.

Abstract

Media pembelajaran berbasis komik digital interktif cenderung dibutuhkan untuk menjelaskan materi-materi seperti IPA pada masa era pandemic covid-19 saat ini. Siswa sering merasa kesulitan dalam memahami masalah yang terdapat pada materi IPA yang abstrak tersebut. Media pembelajaran IPA berbasis komik digital diharapkan akan membantu guru dalam menyampaikan materi dan meningkatkan pemahaman siswa secara aktif, efektif dan menyenangkan, selain itu media pembelajaran ini juga dapat digunakan dirumah secara mandiri oleh siswa. Metode yang digunakan dalam P2M adalah focus grup discussion (FGD) dan pelatihan. Langkah-langkah yang dapat dilakukan 1) melakukan sosialisasi tentang pentingnya media pembelajaran yang menarik, kompatible yang bagi siswa salah satunya adalah media pembelajaran berbasis komik digital interaktif 2) memberikan pengenalan cara pemanfaatan media pembelajaran berbasis komik digital interaktif, 3) Penggunaan media pembelajaran berbasis komik materi IPA di sekolah dasar. Luaran yang ditarget dalam pengabdian ini adalah publikasi pada jurnal nasional pengabdian masyarakat dan media social youtube. Berdasarkan hasil evaluasi terhadap kegiatan workshop yang telah dilakukan menunjukan respon positif dari guru SD sebesar 81% dan kepuasan pelaksanaan pelatihan sebesar 72%.  

References

Dwi, Y. (2012). Pembuatan Bahan Ajar Komik Sains Inkuiri Materi Benda Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Kelas Iv Sd. UPEJ (Unnes Physics Education Journal), 1(2). doi:10.15294/upej.v1i2.1379
Koriaty, S. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Game Edukasi Untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas X TKL SMK Negeri 7 Pontianak. Jurnal Edukasi, 14(2), 277-288.
Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26. doi:10.30656/gauss.v1i1.634
Mustikasari, L. &. (2020). The development of digital comic on ecosystem for thematic learning in elementary schools. Journal of Physics: Conference Series, 1469(1). doi:10.1088/1742-6596/1469/1/012066
Negara, H. S. (2014). Penggunaan Komik Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Upaya Meningkatkan Minat Matematika Siswa Sekolah Dasar (SD/MI). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 1(2), 250-259. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1319
Rifky, H. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis komik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34-46.
Sahronih, S. (2019). The effect of interactive learning media on students’ science learning outcomes. ACM International Conference Proceeding Series, Part F1483, 20-24. doi:10.1145/3323771.3323797
UMA, A. (2016). Penggunaan Multimedia Interaktif Guna Menciptakan Pembelajaran Yang Inovatif Di Sekolah. Perspektif, 1(1), 20-27. doi:10.31289/perspektif.v1i1.78
Yunita, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Komik Ipa Dengan Penanaman Nilai Budai Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 129. doi:10.30870/jpsd.v3i2.2134
Published
2021-08-30