Gen Z's Intention to Invest in Cryptocurrency: Do Profitability, Awareness, and Compatibility Matter?

Authors

  • Muhammad Aditiya Saputra Universitas Sebelas Maret
  • Husna Salsabila Universitas Sebelas Maret
  • Raissa Varahita Bahtiar Universitas Sebelas Maret
  • Sativa Afriyanti Universitas Sebelas Maret
  • Sekar Wulan Oktavia Universitas Sebelas Maret
  • Isna Putri Rahmawati Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.33558/jrak.v15i2.10201

Keywords:

cryptocurrency, gen z, profitability, awareness, compatibility

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk menguji pengaruh variabel profitability, awareness, dan compatibility terhadap niat Gen Z berinvestasi pada cryptocurrency. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik convenience sampling dan didapatkan 141 responden Gen Z di Kota Surakarta. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Temuan penelitian ini  menunjukkan bahwa profitability, awareness, dan compatibility berpengaruh positif terhadap niat Gen Z untuk berinvestasi cryptocurrency. Pemahaman para generasi Gen Z mengenai karakteristik cryptocurrency berdampak pada niat untuk melakukan investasi tersebut.

Kata Kunci: cryptocurrency; Gen Z; profitabilitas; kesadaran; kompatibilitas

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-03