STRATEGI NELAYAN TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN HASIL TANGKAPAN
(Studi Kasus Desa Eretan Kulon Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu)
DOI:
https://doi.org/10.33558/geographia.v3i2.8290Keywords:
Hasil TangkapanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kondisi kehidupan nelayan tradisional pada Desa Eretan Kulon, pola pemasaran hasil tangkapan nelayan, strategi nelayan tradisional dalam meningkatkan pemasaran hasil tangkapan serta menjelaskan faktor pendorong dan penghambat hasil tangkapan, metode penelitiannya menggunakan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini strategi yang dilakukan para nelayan memiliki caranya sendiri untuk mempromosikan hasil tangkapannya hingga meningkatkan penjualan hasil tangkapan baik di pasar, di tempat pelelangan ikan ataupun melalui sosial media. Selain itu para nelayan memiliki strategi dalam hal meningkatkan pemasaran hasil tangkapannya dengan cara pengelolahan hasil tangkapan jika ikan tersebut tidak habis di pasarkan kepada konsumen, maka dilakukan proses pengolahan seperti mengolah menjadi ikan asin, kerupuk ikan, pindang ikan, serta menjual ikan bakar yang dilakukan oleh nelayan tradisional tradisional kecil namun bagi nelayan tradisional besar tidak adanya proses pengelolahan karena langsung di serahkan oleh TPI untuk dilakukan pelelangan.