SOSIALISASI MENUMBUHKEMBANGKAN MINAT MENULIS SEJAK DINI

  • Anggoro Widodo Universitas Islam 45
  • Hasan Basri Universitas Islam 45
Keywords: Menulis, siswa, SDIT Al Marzukiyah

Abstract

Menulis merupakan kegiatan komunikasi, sama dengan komunikasi lisan, pesan yang tepat dan efektif akan memudahkan penerima pesan memahaminya. Penggunaan bahasa dalam menulis merupakan perwujudan kegiatan berfikir yang akan berpengaruh pada kegiatan bertindak. Siswa SDIT Al Marzukiyah memiliki potensi untuk mengembangkan minat menulis mereka, karena mereka bisa membuat sebuah cerita dalam bentuk paragraph. Tetapi sayangnya para siswa belum memahami bagaimana cara membuat struktur kalimat yang baik dan benarCara pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan menggunakan metode pengajaran kepada siswa dasar-dasar akan menulis yang baik dan benar. Setelah melaksanakan kegiatan “Sosialisasi menumbuhkembangkan minat menulis sejak dini” siswa dapat membuat kalimat dan struktur paragraph dengan baik dan benar dan siswa menjadi bersemangat untuk menulis.

References

Aceng, H. (2005). Ihwal Menulis. Untirta Press.
Amelia, R., Sukma, E., & Nur, A. (2015). Pembelajaraan Menulis Laporan Percobaan Dengan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UNP.
Dwi, F. (2015). Penguasaan Kalimat Efektif Penguasaan Diksi Dengan Kemampuan Menulis Eksposisi Pada Siswa SMP. Jurnal Pesona, 1, 129–139.
Petrus, T. (2005). Metode Sugesti-Imajinasi dalam Pembelajaran Menulis dengan Media Lagu. Jurnal Pendidikan Penabur, IV, 1–14.
Vera, S. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi Dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. An-Nida’:Jurnal Pemikiran Islam, 40, 110–117.
Wikanengsih. (2013). Model Pembelajaran Neourolinguistic Programming Berorientasi Karakter Bagi Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 177–186.
Published
2020-02-11