PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA AKHLAK BERBANTUAN MEDIA KARTU KALIGRAFI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Fery Muhamad Firdaus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Andi Kurniadi
Keywords: Pendekatan matematika akhlak, media kartu kaligrafi, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dari
penilaian ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik dengan menerapkan
pendekatan matematika akhlak berbantuan media kartu kaligrafi. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan
subjek penelitian berjumlah 40 siswa di MI AL-Hikmah Bekasi. Data dikumpulkan melalui tes,
observasi, wawancara, catatan lapangan dan angket. Hasil penelitian yang telah dilakukan
menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan penerapan pendekatan
matematika akhlak berbantuan media kartu kaligrafi dapat meningkatkan hasil belajar
siswa. Dapat dilihat dari hasil belajar matematika yang diperoleh rata-rata hasil belajar pada
siklus I sebesar 73,37 dengan ketuntasan belajar sebesar 42,5%. Siklus II diperoleh rata-rata
hasil belajar siswa sebesar 83,19 dengan ketuntasan belajar sebesar 100%. Kesimpulan
penelitian ini adalah penerapan pendekatan matematika akhlak berbantuan media kartu
kaligrafi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI AL-Hikmah Bekasi.

Published
2019-08-29