PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI BABELAN KOTA 06 KECAMATAN BABELAN KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Nurul Dwi Yuliana
  • Yudi Budianti

DOI:

https://doi.org/10.33558/pedagogik.v3i1.1258

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti bahwa pembelajaran Matematika di SDN Babelan Kota 06 belum optimal karena proses pembelajaran yang dilakukan SDN Babelan Kota 06 tidak menggunakan media yang bervariasi dan kurangnya pemahaman guru terhadap media konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media konkret terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas II Sekolah Dasar Negeri Babelan Kota 06. Penggunaan media konkret didalam proses belajar mengajar dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian yang digunakan bentuk pretest-postest nonequivalent-group design. Sampel yang diambil untuk mewakili populasi menggunakan teknik purposive sampling dan sampel yang diambil berjumlah 41siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pengambilan data berupa tes ojektif. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji t taraf
signifikan α = 0,05. Hasil penelitian data yang diperoleh menunjukkan thitung
=6,926>ttabel = 1,683 artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian kesimpulan
yang diperoleh adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan
media konkret dengan siswa yang tidak menggunakan media konkret pada
pembelajaran Matematika. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa media
konkret berpengaruh positif terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas II Sekolah
Dasar

Downloads

Published

2015-02-20