PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBANGUN KESADARAN MARITIM PADA GENERASI X, MILENIAL, DAN Z DI ERA DIGITAL

  • Isamuddin - Universitas Pertahanan
  • Muhammad Harry Riana Universitas Pertahanan
  • Laode Muhamad Fathun UPNV Jakarta
Keywords: Peran, Media Sosial, Kesadaran Maritim, Generasi X dan Milenial, Era Digital

Abstract

Kebijakan Kelautan Indonesia (KKI) terdiri atas tujuh pilar yang terbagi kedalam lima kluster program prioritas, salah satunya adalah membangun kembali budaya maritim Indonesia. Untuk membangun kembali budaya maritim bukanlah sebuah perkara yang mudah dan cepat, namun butuh upaya dan proses yang memakan waktu cukup panjang. Sehingga dibutuhkan sebuah metode yang tepat dan efektif agar upaya yang dilakukan oleh pemerintah dapat membuahkan hasil sebagai mana yang diharapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif. Penelitian ini ingin menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung pada saat ini. Hasil Peneliian ini dengan adanya kemajuan teknologi di era digital seperti sekarang ini, membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah dan cepat begitu juga saat digunakan untuk menyebarkan informasi dan pengaruh di tengah masyarakat. Generasi X, Milenial dan Z yang begitu melekat dengan teknologi memiliki ketergantungan yang sangat tinggi akan penggunaan jejaring internet dan media sosial. Hal ini harus dapat dimanfaatkan dengan gencar oleh pemerintah yang tengah berupaya keras membangun kembali budaya maritim masyarakat Indonesia dengan cara memberi pengaruh kesadaran (awareness) akan domain maritim khususnya di kedua generasi tersebut. Sehingga dengan harapan kemajuan teknologi digital yang diiringi dengan pertumbuhan positif jumlah pengguna internet di tanah air dapat membawa dampak positf dalam membangun kembali budaya maritim masyarakat guna mendukung terwujudnya Indonesia sebagai negara maritim besar.

Published
2021-06-11