Kata Pengantar

Jelang pertengahan tahun 2018 adalah tahun politik dimana  kondisi perpolitikan di Indonesia cukup hangat. Bahkan hampir memanas. Sementara dunia pendidikan kita seperti kehilangan gaungnya. Masih kurangnya dosen yang melakukan penelitian dan publikasi, salah satu faktornya karena menurunnya semangat karena perhatian yang kurang dari pihak-pihak tertentu. Oleh karena itu, Jurnal Administerasi Kebijakan Publik (AKP) untuk melengkapi kecendikiaan kita, khususnya pada bidang administrasi dan kebijakan publik di negeri ini. Pada edisi kali ini, Jurnal AKP terbit dengan tema-tema yang lebih menarik dari biasanya. Dengan mengusung tema Administrasi dan Kebijakan Publik, tentu jurnal ini diharapkan dapat menyumbangkan sesuatu, baik pemikiran maupun gagasan-gagasan lainnya, demi kehidupan berdemokrasi di negeri ini.

Oleh karena itu, pada sajian kali ini dibuka dengan artikel, Dila Novita “Kebijakan Adaptasi Perubahan Iklim Bidang Pertanian” (Evaluasi Training of Trainers di Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan). Kemudian dilanjud dengan artikel Muhammad Yunus, yang menyoroti “Birokrasi Dalam Konteks Kinerja Pelayanan Publik Prima”, selanjutnya Sir Kalifatullah Ermaya memfokuskan perhatian terhadapPengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Total Assets Turnover dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Industri Barang dan Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015”, serta Adhi Darmawan menyoroti tentang “ Pembangunan Sarana dan Prasarana Transportasi di Desa Terisolir (Dusun Sukamade, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten banyuwangi, Provinsi Jawa Timur”. Kemudian Nurmalia Dewi   dan Aim Abdulkarim mentelaah masalah pendidikan khusus dengan tema “ Studi Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Nasionalisme Siswa Di Homeschooling” (Studi Kasus dilaksanakan  di SMA Homeschooling Primagama Palembang).

Demikian beberapa kajian tentang pemikiran administrasi dan kebijakan publik serta analisis dari artikel yang merupakan hasil penelitian tersebut dihadirkan pada Jurnal AKP Volume 8 No.1 ini, sehingga apa yang telah kita teliti tidak hanya mengisi laci meja  saja, tetapi bisa diketahui dan digunakan oleh kaum intelektual maupun masyarakat pada umumnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Wassalaamu’alaikum. Wr. Wb.

Redaksi

Published: 2018-02-15