Author Guideline

Jurnal Administrasi dan Kebijakan   Publik

(sejak tahun 2018)

  1. Perkenalan

Jurnal Administrasi  dan Kebijakan   Publik (JKAP), dengan nomor ISSN terdaftar   2089-8428   adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi  Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  Universitas Islam ’45 (UNISMA) Bekasi terkait dengan permasalahan di tingkat daerah dan nasional yang mencakup banyak masalah umum atau masalah yang berkaitan dengan ilmu administrasi dan kebijakan publik. Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarkan pemikiran konseptual atau gagasan berdasarkan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang pemerintahan dan kebijakan publik.

Jurnal Administrasi dan Kebijakan Publik (JAKP) tersedia sejak Agustus 2012 atau sejak dirilisnya Volume 1, Nomor 1, Tahun 2012. Jurnal ini diindeks di Google Scholar.   Dewan redaksi JAKP (Jurnal Administrasi dan Kebijakan Publik) mengundang para peneliti dan akademisi untuk mengirimkan naskah dan diterbitkan dalam jurnal ini berdasarkan pedoman penulisan yang sudah ditentukan.

  1. Cara Penulisan Judul, Nama, dan Alamat Penulis

Judul manuskrip harus ditulis di bagian atas halaman pertama dengan posisi di tengah teks. Sementara itu, nama penulis (tanpa gelar akademis), dan alamat afiliasi penulis juga ditulis di tengah teks di bawah judul artikel. Penulis harus memberikan dua baris ruang antara judul dan nama penulis. Kemudian, ruang antara alamat afiliasi penulis dan judul abstrak adalah satu baris. Kata kunci harus ditulis di bawah keseluruhan abstrak untuk semua kata. Kata kunci harus disusun menurut abjad dan dipisahkan secara semikolon maksimal 7 kata. Selain itu, judul artikel dan abstrak yang ditulis dalam Bahasa Indonesia juga harus ditulis dalam bahasa Inggris (lihat contoh).

Penulis yang bertanggung jawab atau penulis korespondensi harus ditulis terlebih dahulu dan kemudian diikuti oleh yang kedua, yang ketiga, dan seterusnya. Komunikasi mengenai revisi artikel dan pernyataan akhir akan diinformasikan via email ke penulis korespondensi saja. Jika ada lebih dari satu penulis, nama penulis lain harus ditulis dengan dipisahkan oleh koma (,). Jika nama penulis terdiri dari setidaknya dua kata, nama depan tidak boleh disingkat. Jika nama pengarang hanya satu kata, harus ditulis seperti apa adanya. Namun, dalam versi online, akan ditulis dua kata dengan nama yang sama berulang kali untuk tujuan pengindeksan metadata. (Camdali dan Tunc, 2006; Fridman , 2008).

  1.  Pedoman Umum Naskah

Pedoman umum naskah adalah sebagai berikut:

  • Manuskrip tersebut merupakan hasil penelitian otentik yang belum dipublikasikan di media publikasi atau penerbitan lainnya.
  • Manuskrip ditulis dalam bahasa Indonesia, namun juga dibolehkan ditulis dalam bahasa Inggris dengan standar bahasa akademik. Naskah harus terdiri dari lima belas (15) sampai tiga puluh (30) halaman termasuk gambar dan tabel. Teks manuskrip harus ditulis sesuai template artikel. Artikel diketik pada kertas berukuran A4 (210x297 mm), dengan margin: kiri 25 mm, kanan 20 mm, bawah 20 mm dan atas 30 mm.
  • Manuskrip diketik menggunakan program Microsoft Word pada kertas A4, sekitar 6.000-8.000 kata dengan jenis huruf Times New Roman ukuran 12 dan 1,5 spasi.
  • Naskah tidak mengandung unsur plagiarisme. Dewan redaksi akan langsung menolak teks yang menunjukkan plagiarisme.
  • Pengajuan dan proses publikasi tidak berbayar/digratiskan.
  • Naskah yang telah ditulis berdasarkan pedoman JAKP (dalam format MS Word, gunakan template artikel ini) harus diserahkan melalui Sistem Submission Online dengan menggunakan Open Journal System (OJS) di portal JAKP E-journal http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/akp pilih hanya satu prosedur . Kemudian, daftarkan diri sebagai salah satu penulis atau reviewer di bagian "Register". Pedoman penulisan artikel naskah dan template bisa diunduh.    Template   dan   pedoman penulisan artikel tersedia di   Microsoft Word   (.doc) format.
  • Naskah yang tidak sesuai dengan pedoman penulisan JAKP akan dikembalikan kepada penulis sebelum proses peninjauan.
  • Naskah harus berisi beberapa aspek dari sebuah artikel ilmiah sebagai berikut: (a) judul artikel, (b) nama pengarang (tidak perlu mencantumkan gelar akademik), (c) alamat afiliasi penulis mis: universitas asal, (d) e-mail penulis (e) abstrak (Inggris dan Indonesia), (f) pendahuluan, (g) metodologi penelitian, (h) temuan dan pembahasan penelitian, (i) kesimpulan dan rekomendasi (j), referensi. Diperbolehkan menambah ucapan Terima Kasih kepada pihak-pihak yang mensponsori penelitian yang terkait dengan tulisan tersebut.
  • Subjudul disertakan dalam bagian manuskrip menggunakan huruf kapital (misal: PENDAHULUAN (kerangka teori ditulis di bagian ini),  METODOLOGI PENELITIAN, HASIL PENELITIAN/TEMUAN (diskusi ditulis dalam bagian ini), dan KESIMPULAN (saran/rekomendasi ditulis pada bagian ini) harus diberi nomor dalam urutan penomoran I., II., III…dst. Sub judul ditulis dalam format huruf tebal dan sub judul menggunakan rata teks kiri tanpa garis bawah. Sub judul selanjutnya yang diperluas harus ditulis dalam format huruf tebal dan tulisan sub judul  tambahan sebaiknya gunakan pelurusan teks kiri dan bisa ditambahkan dengan format angka 1., 2., 3.…dst.
  • Teks artikel menggunakan Times New Roman, ukuran huruf 12pt, 1,5 spasi, satu kolom.
  • Kata-kata dari bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya diketik dalam format Italic. Untuk artikel dalam Bahasa Indonesia, istilah asing atau kata-kata yang sulit dipahami harus dihindari. Setiap paragraf dimulai 10mm dari sisi kiri  sementara tidak ada spasi di antara paragraf. 
  • Tabel dan gambar/grafik ditempatkan di grup teks setelah tabel atau gambar yang direferensikan pada teks di atasnya. Judul Gambar/Grafik/Tabel diletakkan di atas gambar. Setiap gambar harus diberi keterangan di bawah gambar dan diberi nomor dalam format penomoran Gambar I.1, I.2, I.3, ……dst (sesuai urutan Bab/bagian tulisan, misal: I. PENDAHULUAN – Gambar I.1, II. METODOLOGI PENELITIAN – Gambar II.1, dst.) yang diikuti oleh judul gambar. Setiap tabel harus diberi judul tabel dan diberi nomor dalam format penomoran (sebagaimana penulisan judul Gambar di atas), tabel diikuti dengan judul tabel. Gambar/Tabel harus dijamin bisa dicetak dengan baik (ukuran font, resolusi dan ruang garis terlihat jelas). Gambar, tabel, dan bagan harus ditempatkan di tengah antara kelompok teks. Jika memiliki ukuran lebih besar, bisa diletakkan di tengah halaman.
  1.  Pedoman untuk   Naskah   Teks

Judul manuskrip:   Judul harus informatif dan ditulis secara singkat dan jelas. Tidak bisa beragam multi interpretasi. Judul ini harus sesuai dengan isu-isu yang akan dibahas. Huruf awal di setiap kata ditulis dalam huruf kapital dan simetris. Judul artikel tidak mengandung singkatan yang tidak lazim. Judul utama harus ditulis terlebih dahulu dan kemudian diikuti oleh judul penjelasnya. Judul utama ditulis maksimal dalam 15 kata dengan judul penjelas maksimal 20 kata, ukuran huruf judul 14pt, dengan format teks center text (tengah), dan huruf tebal (bold), tanpa digarisbawahi. 

Abstrak: Judul Abstrak di tulis di bagian atas, dengan format teks center text (tengah), dan huruf tebal (bold), tanpa digarisbawahi. Dilanjutkan di bawahnya dengan isi abstrak, ditulis minimal 150 kata dan maksimal 250 kata, 1 spasi, dibuat dalam 1 paragraph saja dengan rata kiri dan kanan (justify). Isi abstrak terdiri dari: 1) sekilas tentang pendahuluan/latar belakang penelitian, 2) tujuan penelitian, 3) metodologi penelitian dan 4) hasil/temuan penelitian dan diikuti dengan maksimal tujuh kata kunci. Abstrak dalam bahasa Inggris ditulis terlebih dahulu, selanjutnya diikuti dengan abstrak dalam bahasa Indonesia.

Pendahuluan:    Berisi latar belakang umum dan tinjauan literatur (teori yang digunakan) sebagai dasar pertanyaan penelitian, pernyataan dari artikel ilmiah terbaru, masalah utama penelitian, dan hipotesis. Pada bagian akhir pendahuluan, tujuan penelitian harus dinyatakan. Tulisan I. PENDAHULUAN, ditulis semua dalam huruf kapital, sedangkan subjudul ditulis dengan huruf kapital hanya pada huruf pertama, misalnya: I.1. Tinjauan Literatur, I.2 Tujuan Penelitian, dsb.

Metodologi Penelitian:   Jelaskan paradigma penelitian yang diterapkan pada penelitian tersebut. Dilanjutkan dengan metode penelitian yang diimplementasikan untuk memecahkan masalah, termasuk teknik perolehan data, teknik analisis data. Metode yang digunakan dalam pemecahan masalah penelitian dijelaskan pada bagian ini. Tulisan II. METODOLOGI PENELITIAN, ditulis semua dalam huruf kapital, sedangkan subjudul ditulis dengan huruf kapital hanya pada huruf pertama, misalnya: II.1 Teknik Perolehan Data, II.2 Teknik Analisis Data, dsb.

Temuan/Hasil/Diskusi:   Bagian ini terdiri dari hasil penelitian dan bagaimana pembahasannya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini harus didukung oleh data yang cukup.   Hasil penelitian dan penemuannya harus menjadi jawaban penelitian yang dinyatakan sebelumnya di bagian pendahuluan.

Kesimpulan:   Ini adalah bagian terakhir yang berisi kesimpulan dan rekomendasi. Kesimpulan adalah jawaban dari hipotesis, jawaban dari tujuan penelitian, penemuan penelitian dan pembelajaran yang bisa diperoleh dari penelitian tersebut (lesson learn). Kesimpulan seharusnya tidak hanya berisi pengulangan hasil dan diskusi.  Bagian ini harus menjadi rangkuman hasil penelitian seperti yang penulis harapkan dalam tujuan penelitian. Rekomendasi berisi saran yang terkait dengan gagasan lebih lanjut dari penelitian ini.

Ucapan Terima Kasih: berisi penghargaan kepada pihak-pihak yang mensponsori/ membiayai/mendukung penelitian tersebut (bagian ini sifatnya tentatif, bisa ditulis dan bisa juga tidak ditulis)

Referensi:   Semua referensi yang digunakan dalam artikel harus dicantumkan di bagian ini. Pada bagian ini, semua referensi yang digunakan harus diambil dari sumber utama (jurnal ilmiah dan buku paling sedikit adalah 60% dari semua referensi) yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Setiap artikel harus memiliki setidaknya sepuluh referensi.

  1.  Pedoman   Untuk   Kutipan   dan Referensi

Semua data atau kutipan yang disajikan dalam artikel yang diambil dari artikel penulis lainnya harus melampirkan sumber referensi.   Referensi harus menggunakan manajemen aplikasi referensi seperti   Mendeley,  Footnote, atau   Zotero.   Format penulisan yang digunakan dalam JAKP (Jurnal Administrasi  dan Kebijakan Publik) mengikuti format yang diterapkan oleh APA  (American Psychological Association) 6th  Edition.

  1.  Pedoman   Untuk   Ulasan  Literatur

Tinjauan literatur harus menggunakan manajemen aplikasi referensi seperti   Mendeley,   Footnote, atau   Zotero.   Format penulisan yang digunakan dalam JAKP (Jurnal Administrasi dan Kebijakan Publik) mengikuti format yang diterapkan oleh APA  (American Psychological Association) 6th  Edition.

  1. PengajuanPedoman Naskah Online   

Naskah harus diserahkan melalui salah satu dari dua sistem (prosedur pertama yang diajukan lebih disukai):

  • Dokumen dikirimkan melalui Online System Submission di JAKP (Jurnal Administrasi dan Kebijakan Publik) E-journal Portal .
  • Pertama, penulis harus mendaftar sebagai penulis atau reviewer (memeriksa peran sebagai penulis atau reviewer) di   "Register".
  • Setelah langkah registrasi selesai, masuk sebagai penulis, klik "New Submission". Tahap penyerahan artikel terdiri dari lima tahap, seperti:   
  • Pada kolom Start; klik/centang semua kotak kecil, klik save and continue
    • (2).Pada kolom Upload Submission; klik select article component, pilih article text, upload (unggah file manuskrip dalam format MsWord di kolom ini)
    • (3).Pada kolom Enter  Metadata; masukkan judul utama artikel, judul tambahan (jika ada), masukkan abstrak dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, masukkan keyword/kata kunci dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, klik save and continue
    • (4). Pada kolom Confirmation; jika data yang anda masukkan sudah benar, maka klik finish submission, klik OK
    • (5).Next Steps, klik review this article (memastikan bahwa artikel memang sudah berhasil dikirim). Lanjutkan dengan klik view profile di bagian atas kanan lalu log out.
  • Pada kolom "Upload File Tambahan"  , penulis diperbolehkan mengunggah file pelengkap, surat pernyataan, atau yang lainnya.
  • Jika penulis mengalami kesulitan dalam proses pengiriman melalui sistem online, silahkan lakukan cara kedua dengan menghubungi tim editorial JAKP di: akp@unismabekasi@ac.id dan  jurnalakp@gmail.com. Atau kontak editor di: dilanovitapasca@gmail.com, Dila: 081310588646.